Asian Games 2018; Bangga menjadi warga Indonesia

Ah, seandainya saja Asian Games ini diadakan setahun sekali dan Indonesia selalu menjadi tuan rumah, mungkin saya akan menjadi salah satu warna negara yang bahagia.

Saya cukup beruntung bisa mendapatkan tiket gratis dari seorang teman untuk bisa menyaksikan secara langsung Opening Ceremony Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno. Jujur saja, saya tahu ada perhelatan akbar bertaraf internasional dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya, namun saya ga se-nafsu itu untuk memburu tiket Opening/Closing atau tiket pertandingan lainnya.

MEMES-13

Bicara soal Opening Ceremony, duh saya tidak punya bayangan dan ekspektasi apapun. Kejutan pertama yang saya dapatkan ketika memasuki kawasan GBK adalah penyambutan dari barisan para volunteer yang mengucapkan selamat datang dengan teramat sangat ramah! Senyum, menunduk dan berkata ceria, “Selamat datang, kak!”. Kemudian kami sempat dibingungkan oleh komunikasi mengenai pintu masuk yang sesuai dengan seat tertera di Tiket, meski sudah jelas, namun tidak cukup memakan waktu untuk akhirnya bisa duduk sempurna.

Kejutan lainnya pun muncul. Sebuah gunung terpampang nyata ditengah lapangan bola lengkap dengan air mancur yang digambarkan seola air terjun. Bener-bener penggambaran Indonesia yang penuh dengan hehijauan dan air terjun yang hampir ada disetiap tempat di Indonesia.

Memes-06

Acara dimulai, entrance Bapak Presiden Jokowi Widodo yang mengendarai Motor gede itu bikin kami yang duduk diarea GBK ga henti-hentinya ber-WAAAAAAAAAHH-ria. Kemudian, tiba-tiba lampu menyorot ke tengah lapangan dimana ada 1500 penari menarikan tari Ratoe Duek dari Aceh. Ndak cuma nari sambil nyanyi, mereka bertukar pakaian menjadi warna-warni.

HUHUHUHUHU. HARU!

Tari Ratoe Duek ini semacam baru kulitnya aja kan, tapi uda bikin ingin menangis karena bangganya menjadi anak yang lahir dan besar di Bumi Pertiwi yang beragam ini. Penampilan berikut-nya udah deh ya, seperti yang udah kita tonton bersama, ga ada yang gagal! Yakin deh saya, semua warna negara Indonesia ini bangga banget sama Indonesia, yaaa kecuali yang gemes gegara Pak Jokowi pake stuntman. :))))

Saya sempet gemes sih, ketika satu persatu penyanyi muncul saya yang duduk di tribun berasa melihat setitik badan diujung sana. Ga keliatan apa-apa cuy. Beruntung saya duduk ga jauh dari layar gede. Berasa nonton di TV suasana GBK. :))))

Namun akhirnya saya menyadari bahwa, euforia menonton langsung tentu saja berbeda kan ya. Menyanyikan langsung Indonesia Raya berjamaah sambil hormat sambil mewek. Trus melihat barisan atlit Indonesia memasuki GBK yang ga abis-abis itu. Belum lagi kembang api yang ga berenti-berenti mewarnai malam. Duh, ini nih Indonesia yang saya inginkan. Yang semua bersatu padu, tidak saling menikam, saling mendukung dan merasa bangga. :’)

Setelah Opening Ceremony, kekompakan masyarakat Indonesia berlanjut ke setiap pertandingan yang diadakan. Linimasa media sosial tidak pernah ‘tidur’ untuk membahas Asian Games 2018.

Begitu emas pertama diperoleh Delfia, memunculkan harapan akan pencapaian emas-emas pada pertandingan berikutnya.

Ketika Ginting, atlit dari cabang olah raga Badminton tersungkur di lapangan, SEMUA ORANG menyemangatinya. Merinding ga sih baca timeline isinya itu ga jauh jauh dari, “Tidak apa-apa, Ginting. Terimakasih sudah berjuang. :’)”

Dan ya tentu saja salah satu pertandingan fenomenal ala Jonathan Christie. Kami – saya dan teman-teman di kantor- sampai meminta izin khusus menyalakan tv ketika pertandingan final disiarkan di waktu kerja.

Bagian Jo menang kemudian buka baju tentu jadi hal yang ditunggu sama Ibu-ibu diruangan saya. Muahahaa.

Sampai pada menjelang Closing Ceremony Asian Games 2018 Indonesia berhasil mengantongi 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Pencapaian terbesar sepanjang Indonesia mengikuti Asian Games. Hadiah dari pemerintah pun cair sebelum Closing Ceremony berlangsung.

Saya sempat ditawarin untuk berburu tiket Closing Ceremony, hanya saja saya lebih ingin menikmati closing ceremony ini dari layar kaca bersama keluarga dirumah. Meski kata Wishnu Utama, untuk Closing ini persiapan panggungnya hanya 1 hari, tidak membuat menjadi penampilan yang B aja. Liat deh, meski hujan deras, bapak bapak marching band dari TNI Polri tetap gagah memasuki GBK dan memainkan alat musiknya.

GBK

Belum lagi ketika Volunteer dipersilahkan memasuki area panggung sejajar dengan barisan para atlit. Muka muka yang muncul, muka muka penuh kebahagiaan. Senyum tawa dan gembira.

Lagi-lagi kita dikasih kejutan dengan penampilan lagu kuch-kuch hota hai dan tentu saja yang ditunggu-tunggu generasi millenials; penampilan dari Super Junior.

Happy ga sih?

Saya sih banget! Dari awal, pertandingan-pertandingan sampai di akhir, Indonesia did it Well. Atlit berjuang, yang lain menyemangati. Panitia membuat rangakaian acara demikian rupa, yang lain bangga. Selama perhelatan, ndak ada tuh obrolan politik yang bikin panas kepala. Grup grup whatsApp ramai dengan informasi dan dukungan kepada atlit atau sharing rasa bangga melihat negara sendiri.

Asian Games emang perhelatan 4 tahun sekali, mari kita berdoa dan berharap kekompakan dan rasa sayang kita pada negara ini selalu hadir setiap hari.

Asian Games 2018, terimakasih banyak sudah membuat tahun ini menjadi salah satu terbaik yang kita punya untuk diakui dunia bahwa kita layak untuk membuat perhelatan Internasional.

Advertisements

2 thoughts on “Asian Games 2018; Bangga menjadi warga Indonesia

  1. asambackpacker01

    Mantap memang Asian Games 2018 yang baru berlalu. Kebetulan sempat nonton penyisihan sepak bola di Soreang Bandung dan final di Pakansari Bogor serta bola voli di GBK. Cuma tiket kurang smooth, plus volunteer yang ramah tapi membingungkan (jawabannya beda2). Tapi overall OK dan yang penting aman.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s