Referensi Liburan untuk Weekend Gateway (2D1N)

Disclaimer: Postingan ini berisi referensi liburan untuk Weekend Gateway yang dimulai dari kota Jakarta yaaa! yang dari luar Jakarta bisa memprediksi  jarak dari kota asal ke Jakarta. Hehe.

Berawal dari membaca beberapa postingan pertanyaan di IG Story tentang referensi Liburan untuk 2 Hari 1 Malem, rasanya ku gemas ingin merespon berupa postingan. :))) Sebagai anak rantau yang ikut tumbuh di  Jakarta selama 6 tahun terakhir dengan kaki yang tidak bisa diem, saya suka kesana kemari untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Snorkeling dan atau Nenda di Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka

Jadi kan ya, namanya juga pulau seribu. Lebih dari satu. Ga cukup sekali sabtu-minggu untuk menjelajah Seribu pulau itu. Cicilah pelan pelan. Pulau Terdekat bisa ke Pulau Tidung. Kemudian bisa ke Pulau Pari. Bisa nenda juga di Pulau Kelapa. Yang terjauh Pulau Harapan.

Baca: Jalan-Jalan ke Pulau Seribu. 

Pulau-pulau ini yang banyak menyediakan fasilitas open trip-nya. Jadi ga usa takut kalo kamu hanya beberapa orang saja. Bergabunglah dengan rombongan lain dan bersenang-senanglah. Range harga nya sekitar Rp. 350.000,- s/d Rp. 500.000,- tergantung paket atau pilihan homestay yang dipilih

Jika ingin sendiri dan menyepi hanya dengan seorang dua orang, bisa nenda dengan naik kapal Pelni; Sabuk Nusantara. Budgetnya kurang lebih sama sekitar Rp. 500,000,-

Baca: Berlayar bersama Sabuk Nusantara 46

Kalau punya uang yang banyak siap diambur-ambur bisa main main ke Pulau Private seperti Pulau Bidadari, Pulau H atau Pulau Macan. Inimah jutaan, secara naik kapalnya juga dari Marina. XD

Staycation di Puncak.

Main ke Pantai udah. Kepengen udara dingin biar ga hirup polusi terus menerus di Ibukota, Muncaaaaak jawabannya.

Casa Monte Rosa

Biar ga cape-cape amat, mending naik KRL ke Bogor terus sewa motor di Bogor cus langsung ke Puncak.

Baca: Enjoy The Gree Environment at Casa Monte Rosa, Puncak Mountain Resort.

Bisa lihat kebun teh di kiri kanan, bisa mampir di area paralayang, bisa jajan jagung disekitar mesjid At Taawun dan bisa cari hotel murmer namun menyejukkan untuk staycation.

KRL Jakarta – Bogor: 5.000,-

Sewa Motor: Around 150.000,-/2 hari.

Hotel: 350.000,-

Jajan-jajan: Sesisanya uang :)))

Eh iya, jangan lupa makan sate Maranggi!

Main ke Bandung.

Mau jalan-jalan agak jauhan, bisaa ke Bandung. Dengan hanya 3 jam ditempuh dengan kereta api, bisa nginjekin kaki di bumi parahyangan.

20140906_173547

Menggenapkan Diri

Nginepnya cari hostel-hostel lucu dan nyaman sahaja. Kalau hostel cobain Subwow Hostel, kalau hotel cobain Cottonwood atau Summerbird, kalau family room yang muat lebih dari 5 orang yaa Grand Tebu Hotel.

Sisanya, go explore bandung, dong! Dari tempat wisata, nonton saung angklung udjo, berbagai kuliner dan aneka Outleet yang selalu terbuka untuk didatangi.

Budget: -Gimana kamu ngaturnya aja-

Kuliner di Cirebon.

Kalau udah pernah ke Bandung namun ingin jalan ketempat lain namun tidak terlampau jauh dan bisa dijangkau hanya dengan berpergian sabtu minggu? Cobain ke Cirebon. Naik kereta api kurang lebih 5 jam.

bebatuan-goa-sunyaragi-copy

Baca: Selain Nasi Jamblang, jangan lupa mengunjungi Goa Sunyaragi jika sedang berlibur ke Cirebon

Dicirebon masih ada angkot sebagai sarana publik untuk mobilisasi dan transportasi online sudah merajalela. Sewa motor juga memungkinkan.

Tempat-tempat yang bisa dikunjungi selain Goa Sunyaragi dan Batik Trusmi ya aneka kulinernya. Dari tahu gejrot, Empal Gentong sampe Nasi Jamblang.

PhotoGrid_1456476525808

Baca: Berburu Makanan di Cirebon

Terbang ke Palembang.

Naik kapal mengarungi perairan sudah. Naik kereta api juga sudah. Ingin weekend gateway naik pesawat dengan budget yang masih affordable? Cobain ke Palembang! Tiket pesawatnya masih masuk diakal (dibawah 500k, jika beruntung segitu bisa untuk PP). Penerbangannya hanya 50 menit sahaja.

Rumah Limas Nia

Bisa puas banget icip sana sini aneka pempek sebagai makanan khasnya. Dan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi hanya dengan sewa motor. Wuwuwuwuw.

Baca: Mengelilingi Bumi Sriwijaya dalam satu hari

Terbang ke Semarang.

Buat saya Jakarta – Semarang ini adalah perjalanan nanggung. Mau naik kereta api hanya 5 jam. Mau naik pesawat hanya 50 menit. :))))

Harga tiket seringkali selisih tipis. Saya sih prefer pesawatan aja. XD tinggal gelut nyari promo tiketnya aja biar rada lebih murah daripada naik kereta api.

Di Semarang, bisa explore lawang sewu yang legendaris itu, mesjid agung yang punya piliar kaya di Arab sana. Kulinernya juga mostly enak-enak.

IMG_9130

Lawang Sewu.

Cari penginapan sekitar simpang lima dan jangan lupa untuk menikmati naik becak dimalam hari!

Hitung batu di Belitung.

Ingin merasakan sensasi liburan rasa pulang kampung? Cobain ke Belitung. Fyi, Belitung berbeda yaa sama Bangka. Kalau niatannya ingin main ke negeri laskar pelangi, bandara yang dituju Bandara Hanjanoedin, Tanjung Pandan.

First Flight di hari Sabtu (sekitar pukul 5 pagi) dan last flight di  hari minggu (sekitar pukul 5 sore) di hari Minggu udah cukup banget untuk merasakan sensai mudik dan main air disini.

Belitung Comben

Why? Pulaunya sepi banget! Mau selonjoran di jalan raya juga hayo! Ndak akan ketemu macet. Kosong melompong dan efisien buat menikmati liburan ala ala weekend gateway.

Baca: Mengurus perjalanan tanpa travel agent: beruntung di Belitung

Harga tiket pesawat diwaktu Weekend: Sekitar Satu Jutaan sudah pulang pergi. Sementara harga dikala Weekday bisa hanya 600 ribuan sahaja.

—————————————————————————————————————————————

Nah, selain tempat wisata diatas yang bisa kita mulai perjalanannya dari hari sabtu pagi, ada juga beberapa destinasi 2D1N yang mana kita mulai jalan dari Jakarta Jumat Malam sampai kembali lagi ke Ibukota Senin Pagi, mari kita sebut dengan liburan 2D1N++

Pulang ke kotamu (Yogyakarta)

yogya-ad

Meski bisa dilakukan dengan naik kereta Sabtu Pagi, tentu sadja akan membuang waktu efisien jalan-jalan selama 8 jam. Better berburu tiket untuk Jumat Malem (bobo dikereta) – Sampai Yogya Sabtu Pagi – dan kembali lagi dengan kereta Minggu Malem. Senin sampai langsung kerja.

Tiket ekonominya masih murce kok, dibawah seratus ribu. Meski beli tiket ke Yogya ini NDAK BISA MENDADAK, YES! Sampai suka tersebar rumor, dari 8 gerbong kereta Jakarta – Yogyakarta, 7 Gerbongnya adalah orang yang sama setiap minggunya. Iya, segitu banyaknya warga Yogya yang PJKA (Pergi Jumat Kembali Ahad).

Baca: Mlaku mlaku Nang Yogyakarta.

Menyepi ke Solo

Sudah ke Yogyakarta dan masih ingin naik kereta yang agak lamaan? Cobain ke Solo. Kota yang hanya selisih satu jam saja dari Yogya dan tetep bisa jadi referensi untuk Weekend Gateway.

IMG_5761

Berenang di Pahawang

Bosen ke Pulau Jawa terus? Pengen injek kaki di Pulau Sumatera tapi ga naik pesawat? Lampung dong Jawabannya. Snorkeling seru tuh di Pulau Pahawang. Banyak banget kok yang nawarin opentripnya. Sekitar 500-700k udah puas.

ab copy

Hap Hap melompat lebih tinggi!

Jalan dari Jakarta Jumat Malem, nyebrang tengah malem, sebelum shubuh udah di Pelabuhan Bekahauni. Sabtu Minggu bisa snorkeling bebas. Minggu sore balik lagi. Sebelum berganti senin sudah kembali lagi ke Ibukota.

Baca: Ngawang ngawang di Pahawang

Mencari kesejukan Dieng

Sikunir2

Mencari udara dingin dan sejuk untuk melupakan polusi di Jakarta selain ke Puncak? Cobain Dieng! Dieng yang sering dikenal dengan Negeri diatas Awan. Rutenya bisa menggunakan moda minibus kalau ikutan opentrip dari Ibukota. Atau bisa juga naik kereta api via Purwokerto kalau ingin backpakeran.

Baca: Dieng, Sebuah Negeri di atas awan.

Untuk budget masih dibawa satu juta. Cobain deh nikmati suasana dingin dimana ingin pipis saja sungkan.

Segini dulu yak referensi liburan weekend gateway 2D1N alania. Semoga membantu memberi pencerahan untuk halan-halan. Dan yaaaa, kalau ada tempat oke untuk dikunjungi yang belum disebutkan diatas, terimakasih sekali jika ingin ikutan share di kolom komen.

Melihat kalender sudah tidak ada lagi yang berwarna merah, barangkali bisa menjadi tujuan berikutnya untuk daku jalan-jalan! 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Referensi Liburan untuk Weekend Gateway (2D1N)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s