Ulang tahun Alania; Bahagia Bersama AirAsia

Januari 2012.

Akhirnya Jakarta! Setelah berargumen cukup banyak dengan mama karena yang beliau inginkan adalah saya kembali ke Batam untuk kumpul bersama keluarga. Sementara saya kekeuh ingin merantau (lagi) ke Jakarta.

“Ku ingin keliling Indonesia, Ma. Akan lebih mudah jika ini dimulai dari Jakarta daripada Batam. Aku bisa ke Sumatera dan Bali bahkan hanya dengan naik bus.” pintaku.

Kemudian di support oleh Papa. Sampai akhirnya disetujui oleh Mama. Jadilah mengawali tahun 2012 diusia 21 tahun aku kembali merantau di ibukota. Dengan tekad bulat dan penuh semangat; Jalan-jalan!

Tempat pertama yang kutuju dalam episode #TravelingAlaNia adalah kepulauan Seribu. Dekat, murah dan bisa join trip. Kemudian disusul berikutnya ke Karimun Jawa dengan menggunakan armada Bus dilanjutkan dengan Fery untuk penyebrangannya. Bulan berikutnya lagi ku berkeliling ke daerah Dieng, join trip juga naik semacam Elf dari Jakarta sampai jawa tengah sana.

September 2012.

Pindah kantor! Gatau harus seneng apa sedih, karena ini pindah dalam kondisi saya lagi seneng senengnya bersama teman-teman dikantor sebelumnya. Namun karena alasan financial dan karir, memilih untuk tetap pindah. Toh, masih di Jakarta ini. Tentu saja dengan harapan, dengan penghasilan yang lebih besar bisa membiayai jalan-jalan semakin sering.

Semoga.

Pucuk dicinta ulampun tiba, setelah gajian pertama dikantor kedua bekerja di Jakarta, tiba-tiba Air Asia ngadain promo. Promo atas penerbangan pertamanya untuk rute Jakarta – Semarang. Inilah yang menjadi titik awal ku bisa beli tiket pesawat untuk Jalan-jalan.

Tiket AA

Tiket kereta api pada saat itu untuk tujuan semarang seharga kurang lebih 300,000,- mau nebak tiket pesawat yang kudapet?

Tiket AA-a.JPG

150 ribu aja, duuuuuuhhh.

6 November 2012.

Ulang tahun pertamaku di Jakarta. Ku memilih untuk melipir menjauhi Ibukota. Toh, temen-temen sekantor juga ndak ada yang tau kusedang ulang tahun. Ihihih. Air Asia berbaik hati buat ngasih ‘hadiah ulang tahunnya’ sendiri untukku.

Proses check in yang self checkin, penerbangan yang menyenangkan mana ndak kerasa pula kan cuma 50 menit. Baru aja mata terpejam karena penerbangan first flight, udah nyampe lagi aja. Kalah naik commuter Jakarta-Depok. :))))

Seorang teman SMA menjemputku di Bandara, yang dapat kupastikan ia juga tidak tahu bahwa ku sedang berulang tahun hari itu. Kami tidak sekelas, hanya bertemu di organisasi sekolah. Tidak sedekat itu juga sehingga saling tahu akan tanggal lahir. Pertemuan ini hanyalah sebatas teman sekolah yang bertemu dimana dia sedang kuliah.

Kami mengelilingi kota Semarang seharian, tempat tempat yang kutuju kebanyakan yang belum pernah juga ia kunjungi.

Semarangg

Hallo, Semarang!

Karena penerbangan Air Asia tidak ada yang malam, maka saya memutuskan membeli tiket kereta api. Mengingat saya hanya melakukan birthdaytrip satu hari saja.

Random talking ketika makan malam;

Him: “Lagi seneng lagu apa?”

Me: “Hivi!”

Him: “Oh iya. Lagi ngeluarin album baru ya. Coba kalau kamu ulang tahun. Kubelikan deh albumnya.”

Me: *mesem mesem*

Begitu diantar sampai stasiun, saya menodongnya dengan bilang;

Me: “Mana albumya?”

Him: “Hah? Album apa?”

Me: “Hari ini aku ulang tahun!” kemudian nyodorin KTP.

Him: “Yaahh, maapin. Hari ini kan seharian bareng. Ga sempet buka pesbuk. Gatau juga kamu ulang taun. Maap yaaa”

Setelah bertahun-tahun merayakan ulang tahun bersama orang-orang terdekat, rasanya cukup menyenangkan merayakan hari lahir dengan berpergian dan bersama orang yang tidak tahu bahwa kamu sedang berulang tahun.

Air Asia memfasilitasi saya untuk memberikan pengalaman baru. Hari itu, saya ketagihan untuk melakukan birthday trip.

Juni 2019

Tahun ke-tujuh berada di Jakarta. Entah sudah berapa tempat aku datangi. Hampir setiap ulang tahun ku jejaki tempat-tempat baru.

Alhamdulilah Allah iringi rezekinya. Sampai saya tersadar bahwa, yang selama ini saya lakukan adalah mengunjungi dari satu kota ke kota lainnya. Hanya saja semuanya itu didalam negeri. Di Indonesia. Prinsip untuk mengunjungi tempat hanya satu kali pun tampaknya tak berhasil, Saya berkali kali menginjak Bali, berkali kali menginjak Lombok, berkali kali dan selalu punya waktu minimal satu tahun sekali untuk menginjak Bandung dan Yogyakarta.

Seseorang menyadarkan saya untuk berjalan lebih jauh. Keluar negeri. :’)

Oktober 2019

Setelah drama bolak balik imigrasi beberapa kali, akhirnya Passport saya nyaris jadi! Tinggal menunggu waktu pengambilan karena saya bikin e-passport dengan harapan dengan segera bisa menginjakkan kaki di Jepang yang bebas visa itu.

November 2019.

Seorang teman mengirimkan gambar di group whatsapp. Saya download. Kemudian tertera tiket Jakarta – Kuala Lumpur PP seharga 300 ribuan.

Jiwa diskonku meronta, ku buka sendiri melalui Air Asia Mobile dan memastikan sudah memasukkan ID Big Loyalty yang kupunya.

Klik klik klik dan bayar!

Cukup hanya 500 ribuan (karena menambah bagasi di perjalanan pulang) ku sudah mengantongi tiket Pulang Pergi Jakarta Malaysia untuk ulang tahunku di 2020.

Kok ndak PP 300 ribu? Karena pada tiket kepulangan ku add Value Pack dimana didalamnya ada fasilitas 20 kg baggage allowance, standart seat selection, meal, baggage Delay & 1 hour on time Guarantee Protection by Tune Protect.

Tahu diri kok, pergi bisa cuma nenteng ransel atau geret koper yang beratnya 7kg. Pulangnya ini kuyakin akan beranak pinak. Hahaha. Mending well prepared kan, ya? 😀

6 November 2019

Sebuah email dari Air Asia yang kuterima hari ini;

Air Asia.gif

Tanpa Air Asia, saya ndak akan ngerasain jalan jalan naik pesawat. Setelah pertama kali naik pesawat terbang dengan tujuan jalan-jalan, maka muncullah kesempatan kedua ketiga keempat dan kesekian kalinya untuk menginjakkan kaki lagi di Bandara dan mengelilingi Indonesia.

Trip to Semarang.jpg

Timer for the rescue!

Sekarang, 7 tahun setelah hari itu, Air Asia kembali  menjadi saksi bisu seorang Nia akan menjelajah ke tempat yang lebih jauh lagi. Yang bikin geleng geleng kepala, ini gimana bisa tiket sekali jalan 7 tahun yang lalu sama hari ini beda beda tipis? Ndak ada inflasi nih dunia pertiketan AirAsia? Terharu akutu. :’)

Di hari ulang tahun kali ini, semoga Allah tetap beri nikmat sehat, rezeki yang berkah dan AirAsia yang selalu ada supaya ku bisa mengelilingi dunia. Dari dulu sampai sekarang, tagline AirAsia tak pernah salah; Now Everyone Can Fly :’)

Now Everyone Can Fly.jpg

Sungguh, Bahagia bersama AirAsia. Cung yang pernah dapet promo AirAsia? Rutenya yang kemana? Bisikin dong harganyaaa.

24 thoughts on “Ulang tahun Alania; Bahagia Bersama AirAsia

  1. fainun

    Pemikiran yang sama yang sering banget kurasain, kalau dari Jakarta travelling kemana-mana lebih murah dan banyak pilihan rutenya..Kalau di daerah terbatas rutenya dan pasti ada tambahan biaya transit kemana dulu gitu heheh

    Reply
  2. Rosanna Simanjuntak

    Aku pernah dapat tiket promo Balikpapan ke Pekanbaru hanya Rp 250.000
    Aslinya sekitar Rp 900.000
    Sampai-sampai suami bilang, “Coba diperiksa lagi, Bunda, siapa tahu PHP”, hihihi
    Namun sayang, entah karena alasan apa, Airasia kini tidak beroperasi lagi di Balikpapan, hiksss

    Airasia, comeback to Mama!

    Reply
  3. Mugniar

    Aih senangnya ya bisa sekalian dapat hadiah ulang tahun tiket murah dari Air Asia. Baarakallahu fiik. Semoga bisa menjelajahi banyak lagi tempat menarik 🙂

    Reply
  4. Eri Udiyawati

    Wah wah.. meski terlambat, saya ucapkan, selamat ulang tahun ya, Mba. Semoga makin sukses dan bisa terbang lebih jauh bersama AirAsia.

    Harga tiket AirAsia itu memang super murah. Jadi cocok dengan slogannya mereka, semuanya bisa terbang.

    Reply
  5. lisdhabundaale

    selamat ultah mb nia.. aku blm pernah sih dpt harga promo yg gila dr AA. tp tetap mayan lah drpd yg lain. dan aku seneng bgt krn AA tu yg pertama bikin rute terbang lgsg medan jogja. jd ga pake ribet transit di cgk

    Reply
  6. hidayahsulistyowati

    Selamat ulang tahu ya Nia, semoga dimurahkan rejekinya, dipanjangkan usianya, agar bisa jalan-jalan dengan sehat dan gembira. Kapan-kapan kalo ke Semarang,boleh colek akuu

    KEmarin aku ke Malaysia PP juga naik Air Asia, suka makanannya, hahahaa

    Reply
  7. Sapti nurul hidayati

    Wah, semesta seperti mendukung untuk mewujudkan cita-cita travelingnya ya.. Memang piknik tu cara asik nambah ilmu, wawasan, dan pengalaman. Selamat mb, untuk setiap keberuntungan di moment ultah yang selalu datang

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s