TENTANG BAHASA.

Nganu, agak berat ya ini tema untuk hari ke-15. Bahasa yang ingin dikuasai. #kemudianhening.

Btw, saya ini kan kelahiran Jawa Tengah dari Ayah kelahiran Jawa Timur dan Ibu kelahiran Jawa Barat. Seharusnya hal ini bisa bikin saya bisa bahasa Jawa. Baik Jawa Timur maupun Jawa Barat. Nyatanya, saya Jawa Murtad. Ga bisa keduanya :)))

Suatu hari saya pernah solo traveling ke Madiun. Dari Madiun saya naik bus menuju Malang untuk nyekar ke Makam Mbah seorang diri. Sungguh, itu kali pertama saya berasa lagi di Luar Negeri padahal masih di Indonesia. Semua orang berbahasa Jawa dan tak satupun saya mengerti :”)

Pernah juga, saya ikut Kelas Inspirasi di Lombok. Niat hati biar sekalian traveling ke Gili Terawangan. Eh, adik-adik disana tidak bisa berbahasa Indonesia. Jadilah agenda liburan tiba tiba berubah jadi agenda belajar bahasa Sasak. :))))

Jadi gimana mau heboh belajar bahasa luar negeri, kalau bahasa di Negeri sendiri aja, ku masih kelimpungan. Wakakaka.

Tapi ya kalau harus dijawab, mungkin akan banyak yang menduga saya ingin menguasai Bahasa Korea. wakakak. Ingin sih iya, tapi ga niat sampe segala kudu les gitu gitu. haha. Sebisanya aja udah, lewat drama. :)))

Yang pengen dilancarin dan tetep dikuasai ya tentu Bahasa Inggris. Biar ga kalah cas cis cus sama keponakan saya yang kalau ngomong Bahasa Inggris udah kaya kita ngomong Bahasa Indonesia. Banyak tempat wisata di Indonesia yang kaya Bule. Jadi bahkan, di dalam Negeri sendiri pun Bahasa Inggris bisa mudahin berkomunikasi kalau ketemu orang lain.

Seperti pengalaman saya berbicara dengan Bule di Gili atau Pulau Bira, Sulawesi Selatan.

Perkara ngobrol sama dua bule ini bisa sharing kapal boat buat snorkeling!

Jawabannya mungkin akan berbeda dan berubah kalau saya tetiba dapet kesempatan bekerja atau sekolah lagi di LN, ya mau ga mau ya kan beradaptasi :’)

Kalau kamu, bahasa apa yang ingin dikuasai?

2 thoughts on “TENTANG BAHASA.

  1. risna

    Rasanya menarik sekali tiap kali yang jadi bahasan adalah bahasa. Aku setuju dengan kamu, negeri kita sangat kaya akan bahasa, dan barangkali kita tidak bisa menguasai bahkan 1/3 dari semua bahasa di negeri sendiri.

    Omong-omong soal bahasa yang ingin kupelajari, selain bahasa Inggris tentunya, adalah bahasa-bahasa dari Asia Timur (Jepang, Mandarin dan tentunya Korea). Dan seperti kamu, aku mau belajar bahasa itu dengan santai, lewat drama, variety show atau lagu tanpa harus ada kesan “belajar yang sesungguhnya”. Dari masih esempe, aku sudah tertarik dengan bahasa-bahasa itu soalnya aksaranya(?) uniiiiik wkwkwk

    Reply
    1. alaniadita Post author

      Halo Kak Risna,
      Hai, salam kenal.

      Aku senang sekali di komen panjang begini. :’) Terimakasih yaa sudah mampir dan baca serta meluangkan waktunya untuk berkomentar.

      Semoga, setelah kita ngerti dikit dikit tentang bahasa dari Asia Timur, dikasih rejeki juga buat langsung nginjekin kaki di negaranyaa, Aamiin.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s