4 Pulau di Padang Painan, Sumatera Barat

Tempat wisata apa yang terpikir oleh kamu jika disebutkan Sumatera Barat? Jam Gadang? Goa Jepang?Β  Lembah anai? Lembah harau? Danau Maninjau? Tahukah kamu, bahwa Sumatera barat punya pulau yang ciamik seperti halnya Malang Selatan.

4 Pulau ciamik ini terletak di Padang Painan, Sumatera Barat. Untuk bisa menyebrang keempat pantai ini, kita harus ke Teluk Bungus terlebih dahulu. Dari Teluk Bungus, banyak sekali tour travel yang menyediakan trip untuk ke Pulau-pulau disekitarnya.

Berikut 4 Pulau di Sumatera Barat yang buat saya terkagum-kagum.

Pulau Pagang

Pulau pagang ini sudah ada dari Tahun 1980an. Kebanyakan yang datang ke Pulau ini adalah Bule. Sedih ya kita. Sejak mulai maraknya tempat ini dijadikan tempat wisata, maka mulailah dibangun beberapa homestay. Pulau ini dijadikan sebagai spot snorkeling jika kamu mengambil paket one day snorkeling. Iya, jadi snorkelingnya di tepi pantai gitu, bukan tengah laut seperti di Karimun Jawa atau Kepulauan Seribu.

Pulau Pasumpahan

pantai-pasumpahan
Nah, Pulau inilah yang menggerakkan hati saya untuk ke Padang. πŸ˜‚ Di Pulau ini kita bisa ngambil spot foto dari ketinggian yang ciamik sekali. Meski ya, menuju ke spot itu dibutuhkan perjuangan yang warbiasa. Bukit yang terjal dan licin jadi media juang yang tiada dua.

Pulau Pasumpahan ini adalah Pulau dimana ibunda Malin Kundang mengutung anaknya. Sehingga disebut dengan Pulau Pasumpahan. Baru sekitar 3 tahun yang lalu dikenalkan ke khalayak ramai. Saya salut banget sama masyarakat yang mau ‘buka jalan’ ke tempat ini. Bukitnya curam soalnya. Dan mereka yang membuka jalan juga berbaik hati menyediakan tali untuk membantu kita mendaki.

pulau-pasumpahaaan

Perjuangan untuk turun

Setelah 3 tahun dari pertama di temukannya, pulau ini terus melakukan perbaikan diri sehingga menjadi pulau yang bersih dan menarik orang untuk nenda disini,

Pulau Pamutusan

pulau-pamutusan
Pulau Pamutusan berhadap hadapan langsung dengan Pulau Pagang. Jarak tempuhnya hanya 5-10 menit. Disebut dengan Pantai Pamutusan karena jika air sedang pasang, Pulau ini terbelah menjadi 2 bagian. Semacam putus gitu

Nah, karena saya ga planning kemari, semacam jadi surprise sih. Terlebih, di Pulau ini juga ada bukit seperti halnya di Pulau Pasumpahan. View laut dari atas begini yang buat saya keingetan Bukit Marese, Lombok. Ternyata, Sumatera pun punyaaaa.

Sama seperti di Pulau Pasumpahan, di Pulau ini juga banyak sekali tenda berdiri.

Pulau Suwarnadipa

suwarnadipa

Arti kata dari Suwarnadipa adalah pulau emas. Ada satu resort mewah berdiri disini. Lagi lagi, pelanggannya adalah Bule. Baru baru dikunjungi wisatawan lokal pada tahun 2013

swarnadipa

Sama halnya seperti di Pulau Pagang, jika kamu berminat snorkeling di pinggiran pulau ini juga bisa. Berbeda dengan Pulau Pasumpahan dan Pamutusan yang banyak orang mendirikan tenda, disini kita hanya bisa menyewa resort-nya dengan bermacam variasi dan harga. Untuk paket honeymoon dihargai Rp. 1,800,000,-/couple all include.

Berminat menjadi Anak Pantai di Kota Minang ini? Atau ada pulau seru lainnya selain ke-empat ini, sharing yuk!

Advertisements

20 thoughts on “4 Pulau di Padang Painan, Sumatera Barat

  1. Nur Irawan

    Hmmm, sama seperti kang nur..
    Huft, jauh ama tempatku, bersebrangan pulau pulau. Wkwkwk
    Tapi daerah Malang jg banyak pantai…
    Indonesia mah, gak kekurangan dg tempat wisata bahari dah…

    Reply
  2. Pingback: Losmen Carlos, Penyedia jasa untuk yang mau Island Hoping di Sumatera Barat | alaniadita

  3. Pingback: Menikmati sajian kuliner khas Sumatera Barat | alaniadita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s