Menyusuri Pantai di Malang Selatan

3 tahun belakangan ini, entah kenapa saya hobi banget #RamadhanTrip. Dimulai dari 2 tahun lalu saya puasa puasa mengarungi Goa Pindul dan Pantai Indrayanti di Yogyakarta, kemudian setahun yang lalu saya menjelajah Sejarah Tsunami di Banda Aceh, Tahun ini saya dapet rezeki untuk Menyusuri Pantai di Malang Selatan. πŸ™‚

Kenapa saya bisa sampai ke Malang, pernah saya ceritakan disini. Saya minta ayah ibu saya untuk menemani saya jelajah pantai di Malang. Awalnya sih, mereka sempet ragu, menurut beliau, Pantai mah dimana mana sama. Tapi karena saya kekeuh, didukung dengan Adik Papa yang mau nyewain kami mobil, jalan deh.

Pantai Bale Kambang

Pantai ini adalah satu-satunya pantai di Malang yang Papa saya kunjungi seumur hidupnya. Papa saya lahir dan besar di Malang. Semenjak Menikah, beliau mengajak Istri dan anaknya berkelana, sehingga tidak up to date lagi dengan tempat wisata di Malang.

Pantai Bale Kambang

Bale Kambang Beach

Pantai ini unik karena seperti berada di Bali. Ada pura dimana digunakan sebagai tempat ibadah ditengah lautnya. Lautnya juga tidak kalah unik, disini adalah tempat bersatunya air tawar dan air laut.

Pertemuan Dua Arus

Titik temu air tawar dan air asin

Konon, pantai ini sudah ada dari jaman dahulu kala. Meski puasa, pantai ini tetap ramai dikunjugi. Tidak begitu bersih, dan ketika saya datang sedang suruuuuut sekali. Padahal, ia dikenal dengan Pantai Berombak besar.

Bale Kambang Beach

Membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota untuk menjangkau Pantai ini. Saya sarankan sih untuk menyewa motor/mobil, karena sepanjang penghilatan saya, saya tidak menemukan public transportation.

Pantai Ngantep

Pantai Ngantep

Pantai Ngantep

Sejalan dengan Pantai Bale Kambang ini, banyak pantai pantai baru sepanjang Malang Selatan. Salah satunya adalah Pantai Ngantep. Saya meminta Mas supir untuk masuk kedalam Pantai Ini. Cukup dengan 10 ribu rupiah per-orang sebagai tiket masuknya.

Pantai Ngantep 3

Di Pantai Ngantep ini, ombak cukup besar sehingga banyak peringatan untuk tidak berenang karena ombak ganas. Airnya sendiri masih terdapat pasir hitamnya pertanda lautnya tidak begitu dalam.

Karena sedang bulan ramadhan, dan tidak bisa menikmati sebuah kelapa muda di atas batang kelapa, yang bisa kami lakukan hanyalah..

..

..

Pantai Ngantep 2

Melamun πŸ˜€

Pantai Goa Cina

Nah, Pantai Goa Cina yang menjadi alasan saya untuk getol susur pantai di bulan puasa. Ketika saya menginap di The Balava Hotel, bacaan tentang pantai ini saya temukan di brosurnya.

Pantai ini juga yang pertama kali kami kunjungi sebelum kami ke Pantai Ngantep dan Pantai Balekambang. Dari ketiganya, pantai ini yang menurut saya paling bagus.

Pantai Goa Cina

Disebut Pantai Goa Cina, karena didalamnya terdapat gapura ala cina, dan goa. Awal mula Gua Cina muncul pada tahun 1930 yang mana terinspirasi dari seorang pertapa berkebangsaan cina.

Pantai Goa Cina 4

Masuk ke arah Goa

Dan pertapa itu berada didalam Goa selama bertahun tahun sampai meninggal dunia. 😦

Pantai Goa Cina 3

Karena masih satu jalur dengan pantai Balekambang dan pantai Ngantep, ombak di Pantai Goa Cina inipun tak kalah ganas dan besarnya. Bedanya hanya, pantai ini lebih dalam terlihat pada jernih dan bersihnya air dipinggir pantai. Rasanya kaya pengen nyebur.

Banyak korban juga di Pantai ini, bermula dari iseng iseng main bola dipesisir lama lama terseret ombak 😦

Pantai Goa Cina 2

Salah satu keuntungan RamadhanTrip adalah SEPI. πŸ˜€

Masih ada sekitar 5 Pantai lagi yang sejalan dengan Goa Cina dan Ngantep, tapi dalam hemat saya, sepertinya mirip mirip karena masih dalam satu jalur.

Ada yang sudah pernah mantai di Malang? Share yuk, udah kemana saja.

Advertisements

26 thoughts on “Menyusuri Pantai di Malang Selatan

  1. Hafidh Frian

    Dlu pernah sih jalan2 ke malang selatan. Cuma susur pantai di jajaran sendang biru, goa cina, sampai ke bajul mati. Jalannya udah bagus, pemandangannya OK, top dah buat Malang yang nggak hanya ada gunung. πŸ™‚

    Reply
  2. nbsusanto

    pantai selatan jawa timur apik-apik ya.. sayangnya beberapa kali ke jawa timur selalu gagal lewat jalur selatan, mentok cuma pacitan.. selain itu mesti lewatnya tengah.. semoga lain waktu bisa deh.. susur dari banyuwangi bisa mampir malang-tulungagung-trenggalek.. banyak yang sudah menunggu dicentang sih.. πŸ˜€

    Reply
  3. sinyonyanyablak

    Kerenn itu pantai bale kambang, mirip sama tanah lot di Bali 😍😍 akhir september ini aku udah terlanjur beli tiket ke Bali, tau gitu mah ga usah ke bali ya, mending ke malang aja, udah deket murah-murah lagi 😒😒

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s