Selain Nasi Jamblang, jangan lupa mengunjungi Goa Sunyaragi Jika sedang berlibur ke Cirebon

Long Weekend again!

Libur panjang sebelum ini, saya punya agenda dadakan ke Bandung, and you know lah ya, kalau uda long weekend kereta api arah pulang Jakarta dari Bandung sudah habis. Mau naik bus/travel, kebayang macetnya.Β  Iseng, saya coba dong nyari Tiket Kereta dengan rute Jakarta – Bandung. Bandung – Cirebon. Cirebon – Jakarta. Dan ada. :)))

Hitungan Jam mulai deh saya browsing, mau kemana mana aja. Karena cuma kurang lebih satu hari, saya menekankan ke kuliner, berburu batik dan menyempatkan wisata sejarah. Dan setelah mencoba Nasi Jamblang Ibu Nur yang menjadi khas-nya kota Cirabon. Saya mengunjungi satu tempat wisata yang menurut saya, syahdu. Goa Sunyaragi.

goa-sunyaragi

Tiket masuknya hanya 10,000,- rupiah saja. Didalamnya, kita akan menemukan bangunan yang berupa bebatuan kecil seperti foto pada diatas.

Sunyaragi berasal dari bahasa Sanksekerta, kata Sunya yang artinya sepi dan Ragi yang artinya raga. Jadi tujuannya untuk tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon.

goa-sunyaragi-cirebon-copy

Bangunan Goa

Bangunan Goa ini dilengkapi dengan terowongan pengubung. Dilengkapi dengan Serambi, Ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh kolam.

Kebetulan pas kemarin kesana pas hujan turun, dan saya cukup lama duduk meneduh sambil melihat pemandangan sekitar. Rasanya itu, nenangiiin banget. Setelah hujan reda, saya pun berjalan berkeliling menyusuri lorong-lorong.

Ada tempat tinggi yang kita bisa mengambil potrait Sunyaragi ini dari ketinggian.Sehingga terlihatlah bangunan dari batu dan rerumputan hijau yang berbukit-bukit dibelakangnya.

bebatuan-goa-sunyaragi-copy

Dipikir-pikir, orang jaman dulu itu suka banget ya meditasi di Goa begini. Seperti halnya di Goa Cina. Untuk menenangkan diri, untuk hibernasi. Cobalah jaman kita sekarang, hibernasinya traveling πŸ˜€

Waktu terbaik mengunjunginya mungkin di Pagi hari ketika baru berbuka, atau di sore hari menjelang tutup. Jika siang hari, akan terasa terik mataharinya karena tidak ada atap berlindung.

Nah, long weekend kali ini sih saya engga kemana-mana, dan digantikan minggu depan yang akan #ExplorePadang. Biar liburannya ga sama kaya orang-orang. Hehe.

Kamu, Long Weekend kali ini kemana? πŸ™‚

 

 

 

 

Advertisements

16 thoughts on “Selain Nasi Jamblang, jangan lupa mengunjungi Goa Sunyaragi Jika sedang berlibur ke Cirebon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s