Lari Pagi di RTH | RPTRA Kalijodo

Setelah drama penggusuran tempat yang konon katanya terkenal dengan portitusi ini, pastilah saya penasaran bentuk rupa dari RTH – Ruang Terbuka Hijau | RPTRA – Ruang Publik Terbuka Ramah Anak di kawasan Kalijodo.

Taman Kalijodo.jpg

Pada bulan bulan pertama RPTRA Kalijodo ini dibuka, ribuan masyarakat antusias untuk datang dan menikmati fasilitas yang tersedia disini. Terlebih, tidak perlu bayar tiket masuk. Membaca media yang berisikan tumpah ruahnya masyarakat disini, buat saya merasa enggan untuk berada diantaranya. Saya menunggu waktu untuk mengunjungi RPTRA ini dengan nyaman.

Beberapa bulan yang lalu, diadakanlah kontes mural di seantero Jakarta untuk RPTRA. Tidak hanya di Kalijodo, namun di RPTRA lain yang tersebar. Sempat memenuhi timeline twitter akan informasi kontes mural ini buat saya kembali penasaran dan mencari waktu yang pas dan sepi.

Berkenalan di Kalijodo.jpg

Seminggu sebelum Ramadhan, disaat orang sedang menyiapkan diri menghadapi bulan Ramadhan, saya menyempatkan diri untuk ‘olahraga pagi’ jajan dan foto-foto di RPTRA Kalijodo. Berbekal Google Maps, kami menjamah Kalijodo.

Alhamdulillah suasanya kondusif, tidak terlalu ramai sehingga saya, adik saya dan Kang Mas bisa dengan nyaman menikmati tempat ini. Kami mulai dengan berjalan mengelilingi kawasan ini. Sesekali bermain olahraga ringan dengan alat yang disediakan, sesekali ambil pose lalu foto-foto, sesekali lari-lari kecil, kami akhiri dengan beli minum di mesin.

foto-foto dengan background mural dan jajan sarapan di kantin yang tidak menjual rokok. Bukan kami sih yang hendak beli rokok, namun sayup sayup terdengar ketika kami sedang memilih aneka jajanan untuk sarapan.

“Tidak ada rokok, Mas. Kami tidak boleh menjual rokok disini.”

Rasanya menyenangkan sekali melihat masyarakat Ibukota yang tumpah ruah ditempat ini dengan kesenangannya masing-masing. Membawa sepeda, menyewa becak mini, bermain skateboard, atau sekedar cari tempat oke untuk OOTD.

Arena Skateboard

Arena Skate Board

Ada track untuk lari buat orang yang tidak membawa alat seperti kami. Ada lapangan untuk anak remaja bermain bola. Saya sempet terdengar seorang petugas yang menegur salah seorang anak yang bermain sepeda di kawasan area lapangan bola ini.

‘Kalau main sepeda disebelah ya, nanti disini kena Bola. Kan uda ada tempatnya masing-masing untuk bermain.’

Lapangan Bola

Lapangan Bola

Nah, RTH dan RPTRA tidak hanya ada di kalijodo kok, tersebar di semua wilayah Jakarta. Kedepan, mungkin saya akan mampir ke RTH/RPTRA ditempat lain. Ada yang sudah pernah main kesini? Atau tertarik untuk mengunjungi ini, mungkin?

 

RPTRA Kalijodo

Jl. Bidara Raya No.18, Pejagalan, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450, Indonesia

 

Advertisements

12 thoughts on “Lari Pagi di RTH | RPTRA Kalijodo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s