Welcome Jakarta, MRT!

Setelah Palembang, akhirnya Jakarta punya MRT wuwuwuwu! Ku Happy sekali. Secara, sebagai perantau dari tahun 2012. Dari jaman kecopetan di Kopaja, pura pura tidur di Metromini karena takut sama abang abang pembaca puisi yang ujung ujungnya minta uang tapi maksa, dari ndak ada transportasi online, dari ga naik KRL karena emang bukan jalurnya yang biasa ku akses, sampai merasa hanya busway public transportation yang manusiawi, kehadiran MRT jadi angin surga tersendiri.

Setelah dibuka hanya untuk Media pada bulan Februari lalu, MRT mempersilahkan masyarakat umum untuk mencoba naik MRT for free. Awalnya ku ndak terlalu antusias, terus kepikiran, terus coba cek tiket untuk weekend, eh kehabisan, yaudahlaya gapapa.

Namanya rezeki ga akan salah pundak juga, kan? Salah seorangg teman relawan yang kemarin pernah ngasih tiket opening Asian Games gratis tiba-tiba ngehubungi dan kembali menawarkan tiket gratis untuk nyobain MRT di hari Minggu. Semestakung! Letsgow.

Kami naik dari halte Istora, dimana adalah salah satu halte yang berada dibawah tanah. Duh, turun tangga-nya, area menunggunya, plek ketiplek berasa lagi kaya di Singapore. Kereta datang, kami masuk dan berasa kaya masuk museum/tempat wisata karena semua orang sibuk mengambil gambar. :))))

Uji Coba MRT

Turun ke area bawah dimana ndak ada sinyal untuk beberapa provider

Ada stasiun yang berada di atas (Jalan Layang) ada yang berada dibawah tanah. Bentuk dan situasi stasiun yang berada di atas dan dibawah juga plek ketiplek Singapore.

Stasiun Bawah Tanah

Stasiun Bawah Tanah

Stasiun Jalan Layang

Stasiun Jalan Layang

Kemarin, teman saya dari Batam sempet bertanya, perbedaan KRL dan MRT ini apa. Saya kirimin aja gambar ini;

Perbedaan KRL MRT.jpeg

Namun untuk saya pribadi, perbedaannya adalah pada;

  • Kursi | KRL kursinya empuk, MRT keras kaya kursi di stadion bola. Muahaha. Tapi karena waktu tempuh yang MRT, dimaafkan. Kalo tidur kebablasan karena ke-empuk-an kursi bisa jadi nanti bolak balik/terbawa sampai Depo. :)))
  • Gantungan Tangan | Ini maksudnya gantungan tangan buat yang berdiri. Sepertinya banyakan di MRT. Untuk kepadatannya, karena kemarin nyobain masih trial, belum bisa dibandingin dengan KRL di jam office hour. Haha
  • Bagasi atas | Nah ini, ituloh tempat naruh barang dibagian atas. Di KRL kan ada tuh, di MRT ndak. Jadi ya, pegang barang bawaan masing-masing aja lah yak.
  • Jarak tempuh | Ini berkaitan dengan rute sih ya. Kalo KRL kan Jabodetabek ya. Jarak tempuhnya jauh jauh. Sementara MRT sepertinya di jalur protokol Jakarta. Yang sekarang akan segera beroperasi itu Lebak Bulus – Bundaran HI. hanya setengah jam saja. Sementara KRL mah, bisa berjam-jam kan belum lagi kalau gangguan.
  • Tarif Harga | Sejauh saya naik KRL yang rutenya ujung ke ujung, tarifnya berada di range 3,000 sd 6,000. Ke Depok dimana saya tinggal saja hanya 4,000. Kalo di compare sama naik ojek online atau grab car/go car, bisa ratusan ribu sekali jalan. Haha. Nah, MRT ini konon katanya berada di range 8,000 sd 12,000.
MRT Jakarta

Hallo dari dalem 🙂

Rute MRT

Uwuwuwu teknologi! 

Suasana di dalam MRT

Jujur, saya happy dan terharu banget Indonesia punya MRT. Pembangunannya dibeberapa tempat memang bikin macet, cuma jadinya ga sia-sia karena hasilnya ada. Bangga juga kepikiran kok ya bisa ngebor bawah tanah tanpa mengganggu jalan jalan besar yang setiap hari dilewatin mobil-mobil.

Akhirnya bertambah lagi pilihan public transportation yang nyaman dan mempercepat mobilisasi ditengah hiruk pikuknya ibukota.

MRT akan mulai beroperasi untuk umum pada tanggal 24 Maret 2019. Selamat menikmati Jakartans, mari sama-sama kita jaga aset negara dengan menggunakannya dengan baik. 🙂

welcome-mrt.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s