Saung Angklung Udjo

Menonton Pertunjukan Bambu di Saung Angklung Mang Udjo

Apa yang terpikir olehmu jika mengunjungi kota Bandung? Kawah Putihnya? Legenda Tangkuban Perahunya, kah? Cilok, cilor & cirengnya? Mie kocoknya? Atau hotel dan bed and breakfast yang instagram-able?

Yes benar, Bandung memiliki banyak tempat wisata, tempat kuliner dan tempat nginep yang sesuai dengan keinginan kita. Disamping itu semua, Bandung juga memiliki satu pertunjukan seperti halnya kisah Ramayana di Uluwatu Bali. Ialah dia Pertunjukan Bambu di Saung Angklung Mang Udjo.

Sudah ada dari tahun 1966, Saung Angkung Udjo didirikan oleh Udjo Ngalagena (Alm) beserta istrinyaΒ  Uum Sumiati. Saung Angklung ini didirikan sebagai seni dan identitas budaya yang membanggakan.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 70,000,- per-orang dikala weekend, kita bisa ikut serta menikmati pertunjukan dari Saung Angklung Mang Udjo

Dibuka oleh Demonstrasi Wayang Golek

Setelah dibuka oleh seorang MC dengan logat sunda yang ringan didengar, pertunjukan dibuka oleh demonstrasi wayang Golek. Wayang golek dari tanah sunda yakni pementasan sandiwara boneka kayu yang menyerupai badan manusia lengkap dengan kostumnya. Seringkali dapat kita tonton pada upacara adat atau tontonan wayang yang selamanan suntuk.

Wayang berarti bayangan yakin pencerminan dari siat dalam jiwa manusia seperti murka, kebajikan serakah dsb. Pesan moral yang kita dapatkan adalah selama kita menanamkan kebaikan, kita kaan menuai kebahagiaan. Begitu sebaliknya.

Mengiringi upacara tradisional khitanan dengann Heleran.

heleran

Pada upacara tradisional jaman dulu seperti halnya pada khitanan, ada tradisi yang bernama Helaran. Angklung yang digunakan untuk mengiringi ini adalah angklung dengan nada Salendro/Pentatonis, yakni nada angklung sunda yang terdisi atas Da Mi Na Ti La Da. Dinyanyia dengan riag gembira sesuai tujuanna untuk menghibur sekitar dan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa.

Menikmati sajian Tari Merak.

Tidak harus selalu Tari Merak sih, Saung Aungklung Mang Udjo akan menampilkan tarian apa saja yang berasal dari Indonesia. Kebetulan, ketika kemarin saya berkunjung, yang ditampilkan adalah Tari Merak.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Tari merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi yang menunjukkan tentang kehidupan binatang yang tentu saja binatang tersebut adalah burung merak. Yang ditampilkan dari Tari merak ini adalah Tata cara geraknya yang diambil dari kehidupan Merak yang diangkat oleh ke Pentas Seni olehΒ  Seniman sunda Raden Tjeje Somantri.

burung-merak

Bernyanyi diiringi oleh Angklung Mini

Angklung Mini.jpg

Tak hanya sebagai pajangan atau hiasan, pada saung Angklung Mang Udjo, Angklung mini digunakan untuk memainkan lagu lagu sederhana. Kitapun tidak hanya diam, namun ikut berdendang dan bernanyiΒ  dengan lagu yang cukup popular di Indonesia dan di banyak Negara. Dan ya, pemain angklung mini ini dimainkan oleh adik kita yang ‘mini’.

Mengenal Arumba

Arumba adalah alat music tradisiona yang terbuat dari bambu bertangga nada diatonic namun menghasilkan nada yang harmonis. Arumba merupakan singkatan dari A untuk Alunan, Rum untuk Rumpun dan Ba untuk Bambu.

Arumba.jpg

Tentang Angklung Massal Nusantara

Pada sesi ini, kita disajikan oleh Angklung Massal nusantara yang disajikan dengan memainkan beberapa buah lagu diikuti oleh tarian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia;

  • Bungong Jeumpa dari Aceh
  • Tari Tor-tor dari Sumatera Utara
  • Angin Mamiri dari Makassar
  • Tari Poco-poco dari Maluku
  • Tari Rambate dari Papua

Angklung Bersama.jpg

Ikut seru-seruan bermain Angklung bersama.

Tidak hanya menikmati, kita pengunjung juga diberi kesempatan untuk bisa memainkan alat musik angklung yang kemudian di lakukan secara bersama-sama. Tentu saja, akan ada satu kondektur yang menjelaskan serta memandu kita untuk bisa harmonisasi bersama dalam sebuah lagu.

Ikut Main Angklung.jpg

Pertunjukan Angklung Orkestra.

Tak hanya alat musik modern yang bisa dilakukan secara orchestra. Angklung juga bisa. Dengan angklung, bisa memainkan hamper semua jenis lagu, klasik, kontemporer, pop serta mengiriingi vocal. Keistimewaan permainan ini, menarik dibawakan secara massal.

Angklung Orkestra.jpg

Diajak untuk ikut turun menari bersama

Diakhir sesi pertunjukan, adik-adik dari saung angklung Mang Udjo akan menarik beberapa pengunjung untuk ikut berjoget bersama dalam balutan lagu lagu daerah kebanggaan Indonesia.

SAUNG ANGKLUNG UDJO

www.angklung-udjo.co.id

facebook: Saung Angklung Udjo

Twitter & Instagram: @angklungudjo

 

Advertisements

3 thoughts on “Menonton Pertunjukan Bambu di Saung Angklung Mang Udjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s