Selamat hari Relawan Sedunia untuk kamu yang telah Rela menjadi Relawan.

Dear Kakak Relawan One Day Fun Doing Fun,

Kemarin pada tanggal 5 Desember 2016, ketika dunia sedang merayakan hari Relawan, yang saya ingat adalah kakak-kakak yang selama ini membantu & mendukung salah satu aktivitas yang saya sukai, berbagi bersama Adik-adik yang masa kecilnya ingin kita selipkan kebahagiaan ditengah-tengah ketidaksempurnaan hidup mereka.

Saya ingat pertama kali saya memberanikan diri menyiapkan segala printilan demi sebuah kegiatan berbagi ini yang kemudian saya beri nama; One Day Fun Doing Fun, tentu saja bermakna satu hari yang senang dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Saya bersama Putri, menyiapkan segala kebutuhan untuk hari H ditengah donatur yang masih maju mundur.

Setiap ada perkembangan, kami pasti update di media sosial. Tujuannya supaya menarik donatur lain.

Banyak pertanyaan yang nanya ke saya, bagaimana persiapan ini bisa kami siapkan ditengah lembur tiada henti. Belanja Online! Ya, Bukalapak membantu kami memenuhi kebutuhan kami yang bisa kami lakukan ditengah-tengah jam kerja.

BukaLapak.png

Dengan hanya mengandalkan internet, saya bisa memesan berbagai kebutuhan menjelang hari H tanpa perlu meninggalkan meja kerja. Kabar baiknya lagi, Buka Lapak menyediakan banyak toko grosir yang sudah pasti harga yang didapatkan lebih murah daripada ke pasar konvesional. Hemat ongkos dan tenaga.

Hasil upload perkembangan di media sosial pun membuahkan hasil, saya sangat terharu ketika melihat donatur sampai belasan juta, dan kakak-kakak relawan yang bersedia hadir menemani adik-adik juga banyak.

Kita bermain dan berbahagia bersama ya, kak. Mulai dari games, perkenalan sampai heboh selfie bareng.

Hari itu untuk pertama kalinya, saya meyakini dalam hati bahwa saya ga boleh berhenti sampai disitu, kegiatan ini harus tetap berlanjut. Keceriaan, keriaan, dan rasa puas kakak-kakak bikin semua ‘kerja keras’ mempersiapkan kegiatan ini terbayar.

Konsep yang sama saya bawa ke kota dimana saya menghabiskan masa SMP dan SMA, kota Batam. Bertemu kembali dengan kakak-kakak relawan yang super, yang mau melakukan apapun agar adik-adiknya mengerti tentang kerja sama dan supportif dalam berlomba.

2x One Day Fun Doing Fun masih belum cukup rasanya untuk memuaskan nafsu berbagi saya, sehingga saya masih ingin mengadakannya lagi. Kali ini di kota dimana saya kuliah, di Bandung.

Kak, kalau kegiatan di Jakarta & Batam semuanya berjalan dengan lancar, beda halnya dengan kegiatan di Bandung. Kakak-kakak relawan diuji kesabarannya dengan harus menunggu Adik-adiknya datang selama kurang lebih 6 jam. ENAM JAM. bukan perkara waktu yang singkat untuk sekedar menunggu.

Jujur, saya takut kak. Takut kakak-kakak kecewa karena saya kurang baik dalam berkomunikasi & berkoordinasi dengan pihak panti sehingga menyebabkan kakak-kakak menunggu lama. Dari happy selfie sampai ketiduran sendiri saking bingung hendak apa lagi. Maafkan saya, kak.

Tapi terimakasih banyak, karena kakak-kakak tanpa rasa bete dan kesal langsung menyambut adik-adik dan bermain bersama seolah 6 jam menunggu tadi tiada artinya.

Masih dalam tahun yang sama, kegiatan ini kembali saya giring ke kota Yogyakarta. Berbekal pengalaman di Bandung, jadi pembelajaran ketika mengadakan kegiatan ini di kota Pelajar. Kita pergi bareng dengan Adik-adiknya sehingga tidak ada adegan tunggu menunggu.

Suprise untuk saya karena pada hari itu, saya kedatangan kakak relawan dari Jakarta, Solo & Semarang. Mereka datang dengan menggunakan transportasi Pesawat terbang, kereta Api bahkan momotoran hanya untuk main bareng dengan Adik-adik.

Kak, saya tahu akomodasi & transportasi selama kakak mengikuti rangkaian kegiatan ini kakak tanggung sendiri. Semoga seharian main bareng ini worth it ya, kak.

Tahun ini, saya kembali ingin berbagi dengan tidak jauh-jauh dari Ibukota, sehingga dipilihkah Bogor sebagai tempatnya. Mencari tempat yang ga kalah seru seperti sebelumnya, dan kembali bersama kakak relawan yang mengikuti kegiatan saya tidak hanya sekali dua kali tapi berkali-kali.

Kakak-kakak Relawan yang saya sayangi, berbagi seperti ini bagi saya adalah candu yang tak bisa saya lakukan hanya sekali. Candu yang bisa direalisasi seperti ini seperti mimpi yang selalu menjadi kenyataan.

Dan bisa menjalani apa yang saya sukai bersama kakak-kakak relawan adalah kebahagiaan tersendiri buat saya. Kakak-kakak tidak hanya datang langsung pada acara berlangsung, tapi membantu saya dari mencari donatur, menjadi donatur dan merelakan diri secara utuh untuk menjadi relawan.

InsyaAllah jalan kita masih panjang ya, kak. Saya masih ingin terus mengambil andil dalam mengisi masa kecil yang bahagia untuk Adik-adik di seantero negeri. Semoga kita masih bisa kerja sama bareng untuk menjalani hobi kita bersama; untuk berbagi.

Selamat hari Relawan Sedunia, kakak-kakak relawan One Day Fun Doing Fun. Terimakasih untuk telah rela menjadi Relawan. πŸ™‚

Salam sayang dari saya yang penuh cinta menulisnya,

Nia

Tulisan ini disertakan dalam kompetisi blog, Inspirasi Wanita yang diadakan oleh Bukalapak dan HijUp

widget-inspirasi-wanita1

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Selamat hari Relawan Sedunia untuk kamu yang telah Rela menjadi Relawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s