Tips Belanja Hemat selama Ramadhan bersama Tokopedia.

Tahu dong kalo Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang serba ada? Dari mulai pembayaran tagihan ini itu sampai penjualan tiket pesawat ada. Setiap bulan saya memberi jatah pulsa/paket data untuk diri sendiri, papa dan kedua adik. Juga membayari tagihan listri dan air dirumah. Dikala waktu gajian, Tokopedia sering memberikan cashback untuk pembayaran tagihan-tagihan ini. Cashback-nya enggak tanggung-tanggung bisa Rp. 20,000,- sd Rp. 30,000,-/transaksi. Ini ngebantu saya banget untuk menambah tabungan untuk jalan-jalan. Muehehe.

Kemarin, atasan saya dikantor minta dibelikan tiket kereta api mudik lebaran sekeluarga. Iseng dong, beliin via Tokopedia, dapet Cashback juga ga tanggung-tanggung! Saya sampe terharu, kemudian cashback tersebut saya gunakan untuk beli tiket pesawat untuk menghadiri salah satu pernikahan sahabat di Batam. Karena cashback-nya lumayan, saya upgrade deh pesawatnya jadi Garuda Indonesia. Ah, mamaci Tokopedia! Begitu tiket sudah masuk ke email saya, ada lagi dong informasi dari tokopedia, bahwa saya dapat cashback lagi! Toko cash saya jadi ga pernah kosong.

Menikmati Batam dari Ketinggiah; Wisata Murah Meriah ke Tebing Langit

TokoCash adalah sistem dompet digital Tokopedia yang memudahkan kamu membayar & membeli semua produk yang ada di Tokopedia, termasuk tiket & produk pulsa kami. Aktivasi nya mudah & cara top-upnya pun praktis. Untuk info lebih lanjut, klik link TokoCash disini: https://tokocash.com/

Berbekal cashback yang bertubi-tubi ini, memasuki bulan Ramadhan tahun ini saya jadi punya target baru, hemat cermat dalam berbelanja selain target-target yang setiap tahun selalu sama inginnya. Ingin istiqomah dalam sholat sunnah dan tadarusan.

Setahun ini kan urusan domestik rumah tangga bersumber dari saya, ya bensin motor adik, belanja harian, sampai urusan tagihan-tagihan di komplek. Memasuki bulan Ramadhan, rasanya harus lebih awas dalam mengatur keuangan karena meski kelihatannya hemat karena porsi makannya berkurang 1 kali, nyatanya seringkali keuangan membengkak. Beli ta’jil yang seringkali lapar mata, agenda buka puasa bareng saya, agenda buka puasa bareng adik saya, dan cemal cemil selepas sholat terawih yang sering sekali tidak terkontrol. Dan ya, belum lagi bahan masakan yang suka naik aja gitu memasuki bulan puasa.

Tips Keuangan saat bulan Ramadhan

Pokoknya gimana caranya, Ramadhan kali ini kudu Ekstra! Ekstra dalam ibadah, silaturahmi dan hemat dalam berbelanja. Kudu!

Berhubung sedang menyicil rumah, belakangan saya emang picky banget urusan ngeluarin uang. Hampir setiap bulan kerjaannya berantem sama si Adik karena keperluan-keperluan sekundernya saya tolakin. Ini ada beberapa tips belanja ala saya bersama Tokopedia;

Membuat daftar kebutuhan

checklist-2077019_1920.jpg

Saya sih suka membuat list kebutuhan bulanan. Mulai dari yang selalu ada setiap bulan seperti arisan, iuran keamanan, iuran sampah, token listrik, tagihan air dan ongkos harian.

Kemudian, kebutuhan lain seperti service motor, beli buku bacaan baru. Di bulan-bulan Ramadhan, saya suka memasukkan kue lebaran, mukena, baju koko dan sembako menyambut lebaran.

Jadi fokus deh belanja onlinenya. Kalo terdistraksi pada pilihan lain, harus banget buru buru buka daftar kebutuhan ini.

Bandingkan Harga di Toko Online 

Tokopedia kan tempat bersatunya para toko Online ya. Dari satu produk yang sedang kita cari, jangan males untuk main main ke beberapa Toko. Jangan hanya terpaku dengan satu toko saja. Pilih produk dengan harga, toko dan spesifikasi yang pas.

Pilih Produk Berkualitas dari Kreator Lokal 

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

Cari Toko Online Terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. Semakin dekat, maka akan semakin murah biaya ongkirnya. Bukan begitu, bukan?

Pilih cara pembayaran yang tepat

wallet-1013789_1920.jpg

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia (Toko Cash), transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online. Cung yang suka pake Kartu kredit for the rescue!

Cari metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

Manfaatkan promo dan diskon

discount-3067847_1920.png

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran dalam berbelanja online, ya kan? Tak hanya dibulan Ramadhan Tokopedia bertaburan promo dan diskon, namun dibulan ini Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Gimana? Uda siap menyambut datangnya bulan Ramadhan? Seperti pada setiap bulan biasanya, Tokopedia suka sekali memberi promo dan diskon di Hari Gajian! Tanggal 25 setiap bulannya. Bulan ini juga akan ada dong. Karena spesial dalam rangka bulan Ramadhan dan demi mewujudkan Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Akan ada kejutan yang bikin belanja Online kita lebih spesial! Ada yang bisa tebak kejutannya apa?

Sebagai pecinta cashback, saya sih berharap presentase cashbacknya diperbesar. Eeaaa. Atau barang-barang favorit incaran menjelang hari lebaran banting harga gede-gedean kali ya. Duh, can’t wait 25 Mei di laman Tokopedia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s