Membeli mobil secara tunai? Jangan lupa daftarkan asuransi!

Papa memutuskan pensiun dini 6 tahun yang lalu, dari uang pesangonnya beliau membeli satu unit mobil avanza yang dibeli secara tunai. Dari satu mobil itu, iseng-iseng mobil itu disewakan ke orang-orang terdekat sama mama. Disewakannya ketika keluarga masih tingga di Batam, kecil kemungkinan untuk resiko mobil dibawa kabur, secara keluar pulau pastinya akan lebih susah kan.

Mama juga tidak menyewakan ke orang asing yang tidak dikenal, karena beliau hanya iseng dan niatnya membantu orang-orang disekitaran aja.

Kalau kita beli mobil secara kredit, biasanya sudah sepaket dengan asuransi kan ya? Sementara jika belinya tunai, ya resikonya mengurus asuransi sendirian. Untung saja, mama care dan aware terhadap asuransi mobil ini. Selama disewakan, beberapa kali mobil kami ke baret, keserempet, nabrak ulah kecerobohan penyewa. Dengan adanya asuransi ini, mama hanya membebani biaya administrasinya saja ke penyewa, kerusakannya ya ditanggung pihak asuransi. Bahkan untuk orang-orang yang tingkat ekonominya rendah, mama dengan rela hati untuk patungan biaya adminnya ini.

Beberapa bulan yang lalu, salah satu sahabat saya baru saja membeli mobil yang Alhamdulillah ia beli dengan tunai juga. Doski meminta saya untuk mencari informasi terkait asuransi mobil yang bagus, maklum lah ya, bawa kendaraan di Ibukota ini cuma akan ada 2 kejadian, kalo ga nabrak ya ditabrak. 😀

Di zaman serba hidup informasi teknologi seperti sekarang ini, yang saya harapkan hanyalah berselancar di dunia maya. Mencari berbagai referensi untuk kami jadikan bahan diskusi.

Nyasarlah saya ke situs Futuready.com, Supermarket Asuransi Online yang berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dilaman ini, kita bisa mencari, membandingkan, dan membeli asuransi. Wosh, tentu saja ini berarti tida cuma ada satu asuransi yang ada disini, ada banyak, kita tinggal tunjuk dan pilih.

Asuransinya apa aja? Tentu saja Asuransi Mobil salah satunya!

Futuready.JPG

Sumber: futuready

Dari artikel yang ada disana, jadilah kami bisa membedah apa Asuransi Mobil yang bagus dan lengkap dengan manfaatnya. Wuwuwu.

Mengutip dari futuready.com, jika kita ingin meringankan resiko dalam melindungi kendaraan, sebaiknya sih ya kita pilih asuransi jenis all risk. Asuransi ini bersifat menyeluruh, dimana Asuransi akan membayar klaim segala jenis kerusakan. Dari kerusakan ringan, berat dan kehilangan kendaraan. Ditambah kami ini duh, perempuan-perempuan ga melek bengkel yang taunya terima beres. Pas kan ini!

Manfaatnya dari jenis asuransi all risk ini antara lain;

Perlindungannya Luas dan Menyeluruh

Jelas kan yak, maksudnya? Kerusakan ringan, parah sampai kehilangan bisa diklaim ke Asuransi. Ga pake repot dan pengecualian ini itu. Seluruhnya diganti.

Melindungi kendaraan dari kerusuhan.

Tiba-tiba jadi keingetan dimana suporter bola anarkis merusakkan mobil yang sedang parkir dan berplat kode kota lawan main idolanya, huh. Berasa, ga salah apa-apa tapi jadi korban gitu ga sih? Pada jenis asuransi all risk ini, kerusakan karena oknum ga bertanggung jawab gini, bisa dong diganti.

Kerusakan Akibat Bencana Alam

Pernah juga pada suatu masa, sebuah video tersebar di WhatsApp grup dimana banyak mobil hanyut akibat banjir bandang. Mencelos banget liatnya, secara ya, Alam mengamuk dan mengorbankan kendaraan tentu saja buka sesuatu hal kita inginkan. Resiko ini bisa kita hindari dengan memilih asuransi jenis all risk.

Asuransi mobil yang bagus dan memenuhi semua kebutuhan kita sebagai pemakai mungkin agak lebih mahal preminya dibanding dengan yang cover dibawahnya, tapi untuk menjamin ketenangan kita selama memiliki kendaraan ini, kenapa engga, ya, kan?

Di futuready.com sendiri, pilihan asuransi untuk Mobilnya ada AXA, ACA, SImas Net, Adira, Avrist, Malacca. Beri saran dong, bagusan yang mana?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s