WISHLIST NONTON SUPERSHOW LANGSUNG DI KOREA BARENG TRAVELOKA!

Saya senang banget tahun 2022 dapet kesempatan untuk dua kali menginjakkan kaki di Bali. Buat saya Bali punya kenangan paling manis dengan kenangannya masing-masing. Pertama kali saya menginjakkan kaki di Bali bersama keluarga. Kemudian Bali menjadi tempat pertama saya untuk solo traveling. Setelah itu, saya bolak balik mengunjungi Bali dengan bergantian partner trip.

Ketika saya solo traveling ke Bali, saat itu belum ada Gojek/Grab kaya sekarang. Pilihannya kalau ndak public transport yang masih sangat jarang ya taksi. Escape weekend saya habiskan seorang diri untuk menjelajah kuta – ubud menggunakan transportasi umum. Saya sendirian kesana kemari, hanya berkomunikasi terbatas dengan penjaja atau driver bus.

Perjalanan solo traveling saya ini menjadi sangat menarik ketika saya berkenalan malah di penerbangan kembali ke Jakarta. Seseorang yang menegur saya karena melihat saya sedang membaca buku yang baru saja saya beli di Airport. Memulai percakapan dengan, “Suka baca, ya? Mau coba baca naskah saya, ga?” Kemudian saya tahu, bahwa beliau adalah Sutradara Para Pencari Tuhan. Sitkom yang saya tonton bertahun tahun menemapi waktu Ramadhan saya dan keluarga.

Setelah membaca dan tertawa di udara akan naskahnya, beliau juga menawarkan untuk memberi tumpangan kepada saya sampai depan kost-an. Mengajak saya turut serta untuk ke lokasi syuting dan mengenalkan saya ke semua kru yang sedang bertugas. Sebagai anak rantau ibukota, kesempatan ini jadi pengalaman yang sangat berkesan dan ga terlupakan.

Alfatihah, Abi ..

Perjalanan tersebut tahun 2014, dan beberapa tahun lalu saya membaca sebuah caption seorang artis yang menginformasikan Sutradara tsb sudah berpulang :’) Semoga Allah terima semua amal baiknya. Aamiin..

Traveling is magic for me. Cerita yang membekas malah justru dimulai ketika saya dalam perjalanan Pulang. Bukan saat menjalani perjalanan itu sendiri.

Tahun 2022 menjadi comeback year saya untuk menjelajah setelah kita dilanda pandemi. Alhamdulillah banyak kota yang berhasil dilalui ditahun ini, Medan, Samarinda, Batam, Semarang, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Bali dan Singapore.

Seiring dengan sudah ada cap lagi di passport saya, ada satu negara yang menjadi prioritas teratas yang saya ingin kunjungi ditahun 2023, dialah Korea :”)

Saya perlu mengakui bahwa saya baik baik dan bisa melewati masa sulit ketika pandemi 2 tahun kemarin, salah satunya mungkin karena segala printilan Korea. Mulai dari Drama-nya, Reality Show-nya, Online Concert-nya dan segala printilan Korea yang lain seperti panci untuk masak ramyeon, soju halal dan AYCE tokpokki :’)

Disaat dunia sedang carut marut, Negeri ginseng itu konsisten tetap memproduksi konten konten yang jadi sumber healing kita gini yang saat itu lockdown-lah, PSBB lah, PPKM lah dan terkurung di rumah untuk waktu yang lama.

Konten konten mereka juga yang menemani masa masa sulit ketika lagi positif covid. Ikut bergembira melihat BTS concert bolak balik. Ketawa ngakak nontonin 2 Days 1 Night. Ikut nangis tersedu sedu nonton Kapten Ri ke Korea Utara di Crash Landing on You. Merayakan ulang tahun bersamaan dengan Anniversary-nya Super Junior.

Ada rumor bahwa Superjunior, Boyband Group kesayangan saya akan mengadakan Encore (Konser Penutup) untuk Super Show di Korea pertengahan tahun 2023. Saya berdoa kenceng banget semoga punya rezeki waktu, materi dan luck pada untuk masa itu. Ada aamiin?

Yuk temenin sambil review bareng rencanaku untuk perjalanan tersebut, sekalian kita kalkukasiin biaya yang harus disiapin untuk nabung. Mumpung masih ada waktu.

TIKET PESAWAT.

Ada dua opsi untuk penerbangan CGK – ICN;

Direct Flight CGK – ICN dengan maskapai Korean Air/Asiana Airlines/Garuda Indonesia, berarti PP estimasi sekitar IDR10,000,000.00 sd IDR14,000,000.00

Atau versi ekonomisnya ada juga dengan Maskapai Singapore Airlines estimasi IDR8,000,000.00 saya gapapa banget transit di Singapore yang bandara-nya saja bisa di Explore. :’)

AKOMODASI

Untuk urusan penginepan, ada satu tempat yang ku pengen banget dititipin rezeki buat nginep disitu. Mom House, guest house milik keluarga member Super Junior, Kyuhyun. Kalau beruntung, ayahnya menyapa fans yang menginap di tempat tersebut.

Mari kita siapkan estimasi IDR4,000,000.00 untuk 4 hari.

TIKET KONSER

Niat utama jangan dilupakan, bahwa kaki membawa sampai negeri ginseng karena ingin nonton konser kpop langsung di Negara asalnya!

Info yang selama ini saya baca dan dapatkan, tiket konser di Korea itu sekitaran 1-2 juta satu harga di semua section. Mari kita siapkan sekitar IDR4,000,000.00 untuk tiket konser ini.

ITENARY.

Part paling menyenangkan dalam mempersiapkan perjalanan setelah tiket dan hotel terkonfirmasi adalah Itenary! Momen dimana berselancar didunia maya untuk baca dan mencari informasi tentang perjalanan orang lain, yang akhirnya bikin kita terinspirasi seringkali menjadi keseruan sendiri.

Untuk lama waktu perjalanan minimal 5 hari, dengan asumsi cuti 3 hari dan menempel pada akhir pekan. Syukur syukur ada tanggal merah atau atasan mengizinkan untuk bisa cuti lebih lama. Bismillah. :’)

Asumsi 6 hari kerja efektif di Korea saja ya. 2 hari akan digunakan untuk menonton konser sambil melipir tipis tipis ke sekitaran jika memungkinkan. Masih ada 4 hari yang bisa kita siapkan Itenary-nya.

Jujur, sampai tulisan ini dibuat, saya belum kebayang mau kemana lagi yang akan di jelajahi di Korea sampai saya keingetan fitur Experience di lama Traveloka.

Tampilan pertama setelah saya masukkan kata kunci Seoul ada 3 most popular activities Seoul!

Dari ketiga ini, saya mau banget ke Namsan Seoul Tower. Namsan ini sering banget wara wiri di Drakor. Mau banget ambil gambar disana. Untuk Lotte kita masukkan kedalam additional place, sementara untuk Photo Shoot sementara bisa kita gantikan dengan the power of Tripod atau GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) hahaha.

Selain, Most Popular Traveloka juga memberikan informasi untuk tempat-tempat yang direkomendasikan lainnya.

Otokke langsung bingung T.T

Sebentar, saya coba kembali meraba-raba itenary yang ingin saya lakukan selama di Korea.

  • Nonton Konser sudah pasti, diusahakan 2 hari.
  • Hunting album kpop dan album Soundtrack Drama korea.
  • Main ke Line Store.
  • Menyusuri jalan sekaligus kulineran di Myeongdong.
  • Piknik di Han River.
  • Ikut memberatkan gembok di Namsan Tower.
  • Mengunjungi Nami Island.
  • Wisata ke Jeju Island.
  • Ngopi di Haru One Day – Coffe Shop milik Lee Donghae, Member Super Junior.
  • Mam Pancake Ice Cream biar kek Siwon Choi di Rabbit House – Coffe Shop milik Yesung, Member Super Junior.

Melihat rekomendasi dari Traveloka, yang menggiurkan saya tuh ada 3;

  1. Namsan Seoul Tower (IDR150,000.00) – Check in point sah sebagai warga penonton Drama Korea. Sekalian melihat Seoul dari ketinggian juga.
  2. Seoul City Full Day Tour (IDR720,000.00) – Kebayang kalau saya jalan sendirian di Korea, ga paham bahasa, baca maps juga rada rada. Mengambil paketan Tour full day sepertinya pilihan tepat untuk pemula cem saya ini. Harganya pun masih affordable.
  3. Kpop Dance Class (IDR565,000.00) – Ini akan masuk wishlist setelah Itenary terlaksana dan masih ada waktu tersisa sebelum kembali ke tanah air. Penasaran proses dan bagaiman Idol itu latian Dance. Tetep inceranku dance semua lagu BTS & Super Junior. Haha.

STRATEGI.

WOH! Perencanaan ini semakin terlihat hilalnya. Kalau dilihat dengan harga normal saat ini, estimasi biaya termahal sekitar IDR25,000,000.00 kurang lebih.

Tenang, jangan panik. Kita masih punya waktu 6 bulan lagi untuk sampai ke Juni 2023. Strategi prioritas apalagi kalau tydac bukan dengan segudang promo dari Traveloka.

Yang selalu konsisten dari jaman pandemi sampe saat ini adalah Flash Sale setiap hari Jumat. Karena ga semua hotel dapet, saya gapapa nginep di Mom Housenya semalem, sisanya cari hotel bintang 5 harga kaki limanya dari Flash Sale ini aja. haha.

Eh sebentar deh, ada juga dong untuk tiket pesawatnya. Kalau diskon hotel setiap Jumat, kupon tambahan diskon maskapai itu setiap hari selasa dengan join live streaming-nya Traveloka pukul 7 malam. Program ini berkontribusi dalam pembelian tiket kami sekeluarga ketika adik saya menikah di Batam.

Tiap minggu kami sekeluarga ngumpul di live-nya Traveloka, yang kupon tiketnya jadi diskon setiap anggota keluarga :’)

Diskon yang bisa bikin senyam senyum memandangi e-tiket ini mah.

Semenjak ada Traveloka dengan segudang diskon-nya saya yakin dan percaya ga perlu jadi Kaya untuk bisa menjelajah dunia. Subscribe email, Aktifkan lonceng Sosial Media, berpartisipasi aktif aja dalam kegiatan Traveloka bisa jadi jalan kita keliling Dunia :’)

Karena kita tetap perlu membawa uang Cash untuk melakukan perjalanan, setelah strategi diatas kita laksanakan, ada satu lagi ilmu saya untuk memudahkan perjalanan jika tabungan belum memenuhi target.

Strategi itu adalah Credit Card! :)))) Saya love banget dengan partner Traveloka yang kebanyakan Bank-nya saya punya.

Bisa kita breakdown lagi nih dari payment partners ini. Kiranya kebutuhan hanya kurang sedikit, bisa dengan pembayaran full di waktu tempo, abis gajian cus langsung dibayarin.

Nah, jika kekurangannya masih banyak, lakukan installment! Untuk yang ini, installment bertanggung jawab ya teman-teman. Komitmennya ditunjukkan agar supaya terhindar dari bunga.

Saya inget banget selama tahun 2019, installment saya untuk keperluan Jalan-jalan lumayan. Eh kemudian awal tahun 2020 pandemi. Moment tersebut saya jadikan momentum untuk melunasi semua outstanding saya yang dilanjutkan dengan menabung untuk perjalanan berikutnya. Dari waktu itu saya belajar, bahwa traveling adalah investasi memori yang ga akan bisa berulang. Umur bertambah, tenaga berkurang, namun mencari uang akan terus kita lakukan.

Pada saat itu mungkin banyak orang menimpali saya dengan saran untuk menabung dulu baru berpergian. Saya bersyukur bahwa dari dulu sampai hari ini, omongan orang bukanlah sesuatu yang harus saya dengar dan lakukan. Saya berdiri pada kaki saya sendiri sehingga yang akan saya lakukan dan jalani adalah suara hati saya sendiri. Saya hidup dengan cara saya sendiri dan begitupun teman-teman, kita bisa untuk jalani hidup dengan #LifeYourWay.

FOKUS SAMA DIRI SENDIRI. WELL NOTED!

Menyenangkan sekali menyusun Itenary untuk perjalanan saya untuk bisa nonton konser kpop langsung dari Korea. Terimakasih banyak, teman-teman yang sudah membaca sejauh ini. Mohon doa restunya untuk semuanya semoga dimudahkan jalannya. Kali aja ada yang udah pernah ke Korea, mau dong tips trick dan masukannya untuk tempat yang most visit untuk new comer seperti saya ini.

Aroma hal baik 2023 sudah tercium mulai dari sekarang. Yuk, bismillah yuk!

Yuk, SuperShow in Seoul :’)
Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s