Rula Creative Hub Batch 1

Jadi ceritanya, 3 bulan terakhir ini saya mengikuti kelas belajar menulis yang diadakan oleh RulaWoman. RulaWoman sendiri adalah portal media online yang memiliki misi menciptakan konten inspiratif, kreatif, yang memberdayakan semua orang, memberi ruan dan kesempatan untuk perempuan khususnya aktualisasi diri, berkarya, berbicara, dan berbagi.

Konten yang ada di Rula terbagi kedalam 7 Segmen, Health & Lifestyle, Beauty and Fashion, Career & Business, Financial, Relationship, Inspiration dan Men’s Corner.
Ada 2 Speakers yang membuat saya akhirnya mendaftarkan diri; Ollie, yang saya tahu adalah Founder dari nulisbuku.com dan menulis puluhan Novel, serta aktif dalam media Sosial. Kemudian, Henry Manampirig, saya mengenal beliau dari salah satu kelas Akademi Berbagi di Jakarta tentang Branding.

Setelah mengikuti kesemua sesinya, saya jadi mengidolakan semuanya! Mas Acha, Mba Oney, Mba Iwed. Workshop ini diadakan di Gedung Indosat, setiap 3 minggu sekali dalam kurun waktu 3 bulan. Pada bulan pertama, kami diberi tantangan untuk nulis setiap hari! 30 Days Challenge dengan tema yang sudah ditentukan. Sukses bikin saya di seminggu pertama nulis sehari satu artikel, minggu kedua, 2 hari satu artikel, minggu ketiga vakum dan minggu keempat mengejar setoran jungkir balik dan blog ini terabaikan dengan sukses. Haha.

Pada bulan kedua dan bulan ketiga, setoran artikel hanya 10 perbulan which is lebih selow dan bisa nyambi nyambi sambil ngisi blog ini juga. Kalau mau baca-baca artikel saya yang sudah publish bisa diintip disini.

creative-hub-pertemuan-pertama

Pertemuan Pertama

Pada pertemuan pertama, Mba Ollie mengisi materi mengenai Bagaimana membuat tulisan agar menjadi Viral di Media Sosial, bagaimana melihat apa yang sedang happening, membuat judul yang β€˜mengundang’ dan content yang menjawab keresahan pembaca.

Kemudian, di pertemuan berikutnya, Henry Manampiring yang di MedSos dikenal oleh Om Piring memberi ilmu tentang Social Media Optimization. Cara menggunakan Media Sosial. Menempatkan penggunaan Media Sosial di era sekarang. Bagaimana beliau melakukan riset untuk menerbitkan sebuah buku dengan hanya mengandalkan media sosial. 2 buku karangan beliau yang layak dibaca adalah tentang 7 Kebiasaan orang yang paling nyebelin dan The Alpha’s Girls Guide Book.

creative-hub-pertemuan-kedua

Pertemuan Kedua

Dipertemuan ketiga, Mas Acha Salim ikut ambil bagian. Mas Acha adalah penulis buku Zodiac Date Book. Dimana ia melakukan riset dengan memacari 12 perempuan dengan 12 zodiak berbeda. Huwaaaw!

Nah, dipertemuan keempat, tempat yang biasanya menjadi basecamp belajar tidak bisa digunakan, sehingga kami belajar online! Iya, online bareng-bareng ditempat yang berbeda bareng Mba Oney tentang How to write effectively. Mba Oney adalah salah satu editor di Rula yang menyunting seluruh artikel sebelum di publish. Bagaimana tentang penggunaan tanda baca, konsep SEO, Efisien.

Di pertemuan terakhir, saya sempet gemes karena tidak bisa mengikuti Workshopnya karena telat. Haha! Jadi peraturan yang telah kami sepakati bersama, bahwa siapa yang telat konsekuensinya adalah Standup Comedy. Hitung-hitung belajar disiplin dan latihan menghadapi deadline. Karena telat, dan mood saya sedang berantakan, saya memilih untuk melipir ke coffeshop kemudian Nonton Korea. Haha! Saya mah gini anaknya, mojok sendiri nonton korea juga salah satu cara mengembalikan Mood. πŸ˜€

Saya sudah ikhlas-ikhlas hati deh dengan pertemuan terakhir, meski sirik maksimal dengan grup yang ga berenti-berenti memuji keseruan kelas terakhir. Eh, Mba Oney & Mba Ollie dengan baik mengadakan kelas susulan!

Yang bikin seru adalah, selain berhubungan langsung dengan orang-orang keren. Mba oney & Mba Ollie yang dulu saya kira hanya mimpilah bisa kontak langsung, memiliki nomor kontak mereka, sekarang jadi kenyataan. WhatssAppan langsung dan bertatapan langsung menjadi hal yang mudah. Bahagia yang sederhana.

Ollie.jpg
Dikelas β€˜susulan’ yang hanya diikuti oleh 4 orang, ternyata membuat sesi materi terakhir jauh lebih intim dan mendalam. Curhat meleber kemana-mana. Haha.

Jujur saja, saya adalah salah satu orang yang mengetikkan keyword di Google β€˜Ollie lepas jilbab’ karena saya mengenal beliau dari tahun 2011. Dan kaget ketika mendapati beliau tak lagi berhijab. Di moment kemarin, saya mendapatkan jawaban langsung dari orangnya. Tanpa asumsi tanpa gosip. Tabayun πŸ™‚

Nah, pada awalnya workshop ini hanya boleh diikuti oleh 20 orang, yang kemudian ditambah kuotanya menjadi 30 orang. Sampai sesi terakhir dan yang bisa mengikuti graduation (syarat: memenuhi kehadiran 60%) hanya 17 orang! Seleksi alam.

InsyaAllah Graduation ini akan diadakan pada akhir bulan November 2016. Dan konon katanya, akan ada Rula Creative Hub Batch 2 di awal tahun 2017 nanti. Recomended workshop to follow buat kamu yang hobi menulis.

Β 

Advertisements

4 thoughts on “Rula Creative Hub Batch 1

  1. Pingback: Welcoming 2017 | alaniadita

  2. Pingback: Selalu ada yang pertama untuk mencoba hal baru, pertama kalinya yoga bareng Club Med yang baru buka kantor baru! | alaniadita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s