Selalu ada yang pertama untuk mencoba hal baru, pertama kalinya yoga bareng Club Med yang baru buka kantor baru!

Pada pertengahan sampai akhir tahun lalu, saya rutin mengikuti workshop dari Rula.co.id, selama menjalani workshop offline dan online, saya berkontribusi membuat beberapa artikel di portal perempuan itu.

Baca: Rula Creative Hub 1

Pada suatu hari, Managing editor Rula, Mba Fioney Sofyan diundang oleh Club Med pelopor dari Premium All-inclusive Holidays, dengan resort yang berada di tujuan terindah di seluruh dunia untuk bisa mengikuti sesi yoga dalam tema; “Back to Your Zen with Club Med”. 

Beliau berhalangan hadir dan melempar undangan itu ke forum. Sesi yoga ini dilaksanakan di Ancol pukul 6 pagi. Karena saya kebetulan ada acara pada pukul 9 pagi di hari yang sama, biar sekalian, saya menyatakan bisa untuk hadir di acara sesi yoga ini. Jadilah, mewakili Rula, saya mengikuti kegiatan ini.

Ini pertama kalinya saya ikut yoga. Sepanjang malam saya kebingungan mencari dress-code yang pas. Saya kan jarang sekali ya olahraga, jadi boro-boro punya koleksi baju yang pas badan menyerap keringat. Setelah browsing sana sini, kebanyakan memberi saran untuk memakai kaos pas badan, namun, saya takut ga nyaman karena terbiasa memakai gamis. Mau yoga dengan gamis sepertinya juga bukan pilihan yang pas.

Jadi deh, atas ide mama, saya memakai leging milik temen saya yang berbadan besar dan kaos longgar dimana didalamnya saya tetep pake manset. Nyaman kok ternyata, sama sekali tidak mengganggu aktivitas yoga.

Segara Ancol

Lokasi persisnya adalah di Segarra Ancol, tempat nongkrong yang mengusung hawa Bali. Disana, saya bertemu dengan para reporter dari berbagai media yang akan meliput serta mengikuti rangkaian Yoga ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Mr. Bruno Courbet, beliau adalah Country Director Club Med untuk Indonesia, Thailand, India and new markets.

Mr Bruno.jpg

Mr Bruno, Country Director Club Med

Sebagai salah satu pelopor premium holidays, Yoga akan senantiasa ditemukan jika kita berlibur bersama Club Med. Menurut beliau, Yoga bisa mengembalikan kebugaran dan kesadaran penuh pada setiap kesempatan liburan.

Sesi yoga ini adalah kegiatan yang pertama kali diadakan oleh Club Med di Jakarta, Club Med juga mengumumkan kantor komersial Indonesia yang berada di Jakarta sebagai komitmennya untuk meningkatkan pariwisata Indonesia. Pembangunan resort Club Med di Lombok akan rampung pada tahun 2019. Dan ditahun 2017, Club Med akan membagikan sebuah program baru bagi wisatawan Indonesia yang ingin menikmati liburan eksklusif serta tidak terlupakan.

Tidak memperpanjang waktu, dan haripun sedang mendung. Sesi yoga dimulai oleh instruktur yang telah ditunjuk oleh Club Med.

Instruktur  yoga.jpg

Rasanya? Nano nano! saya takut aja gayanya aneh aneh dan ga bisa ngikutin. Eh ternyata engga. Segala dasar gerakan yoga ini bisa saya lalui dengan baik dan berakhir dengan tertidur. Muahahaha.

Padahal, banyak sekali manfaat yoga untuk kesehatan tubuh kita. Itu kenapa, Club Med memiliki tagline, “Back to your Zen“. Manfaat yoga antara lain;

1. Mengatasi Depresi

Pada yoga ada teknik pernapasan yang tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga menyehatkan pikiran. Sebuah penelitian dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine menemukan bahwa dengan teknik pernapasan ini selama 30 menit sehari bisa meningkatkan mood, fokus bekerja dan menurunkan stres.

2. Menurunkan berat badan.

Dalam survei yang dilakukan oleh peneliti di fred Hutchison Cancer research Center, terhadap 15.000 orang dewasa, bahwa orang yang melakukan yoga secara teratur bisa menurunkan hingga 18 pon berat badan hanya dalam waktu 4 tahun, sementara untuk orang tidak melakukan yoga membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun.

3. Menurunkan rasa sakit pada sindrom carpa tunnel (CTS).

Atau disebut sindrom lorong karpal adalah penyakit pada pergelangan tangan akibat saraf yang tertekan. Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Medican Association menunjukkan bahwa dengan melakukan yoga selama 8 minggu bisa menurunkan rasa sakit bagi orang yang memiliki sindrom carpal tunnel.

4. Meningkatkan gairah seksual.

Yoga mengajarkan untuk menyatukan pikiran dan fisikm sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas hubungan seksual. Dalam penelitian Journal of Sexual Medicine, melakukan yoga selama 12 minggu bisa meningkatkan gairah seksual dan membantu orang yang mengalami disfungsi seksual. Pose pada yoga yang bisa membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan stres.

5. Menopause.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Cailfornia menemukan bahwa wanita menopause yang melakukan yoga selama dua bulan mengalami penurunan gejala menopause hingga 30 persen.

Satu manfaat yang paling berasa untuk saya pribadi sih, sebelum mengikuti yoga ini, saya adalah salah  satu penyandang disminore, sakit yang lumayan ketika datang bulan. Nah, setelah ikutan Yoga dan datang bulan, saya nyaris tidak merasakan sakit. Hanya setengah hari dari mens, yang sebelumnya bisa sampai 3 hari. Huwaaaaw. Rasanya happy banget disaat menstruasi tetep bisa beraktivitas dengan baik dan lancar tanpa mengeluh sakit ini itu.

Jadi, saya yakini bahwa ini tidak akan menjadi yoga terakhir saya. 🙂 Semoga kelak, tidak akan merasakan sakit lagi setelah datang bulan.

All Member.jpg

Thankyou, Club Med!

*) Semua gambar diperoleh dari Club Med.

*) Tulisan serupa juga ada di Rula.co.id; Menyeimbangkan jiwa dan raga untuk mencapai liburan yang sehat secara holistik bersama Club Med, Inilah alasan kenapa kesehatan tidak hanya milik pribadi, namun untuk keluarga.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s