[Charity Lovers] #TemaniAdikBelanja kebutuhan Lebaran

Ada agenda rutin dibulan Ramadan yang 2 tahun kemarin saya ikuti namun tahun ini saya berhalangan untuk kontribusi yakni Buka bersama ribuan anak yatim dibawah naungan Pecinta Anak Yatim. Nah, mengikuti kegiatan ini bukan serta merta hanya perlu datang di Hari-H. Ada beberapa waktu yang kita wajib dateng sebelum hari H tiba. Dilalahnya ditahun ini, mayoritas dari waktu-waktu yang telah ditentukan itu, ku ndak bisa ikutan. So, ya daripada ga komitmen, perlahan mundur teratur yekan.

Mencari kegiatan substitusi, akhirnya berawal dari ngobrol basa-basi bareng Steffi, kami berniat mengadakan One Day Fun Doing Fun dibulan Ramadan. One Day Fun Doing Fun adalah kegiatan sosial yang melibatkan relawan, adik-adik yatim piatu dan dhuafa untuk having fun bareng-bareng. Sejauh ini, sudah kurang lebih 4 tahun kegiatan ini diadakan dan sudah ‘berjalan-jalan’ di 7 kota berbeda.

Untuk kegiatan dibulan Ramadan, ini adalah kegiatan pertama kali. Mengusung konsep menemani dan berdonasi untuk membelikan kebutuhan Lebaran Adik-adik. Kebutuhan lebaran ini melingkupi Baju Lebaran, Alas kaki (Sepatu/Sendal), Kebutuhan Sekolah (Seragam, Sepatu, Alat Tulis) dan Makanan.

Belanja Sepatu.jpg

Tadinya saya kira, kebanyakan kegiatan dibulan Ramadan didominasi oleh Buka Puasa bersama di/bersama Panti Asuhan. Tidak banyak yang care tentang kebutuhan lebarannya ini. Eh ternyata, mendekati bulan Ramadan tiba, banyak juga kegiatan yang mengusung tema dan konsep yang serupa. Alhamdulillah banyak Adik-adik yang insyaAllah merasakan Bahagia di Hari Raya.

Menyadari akan banyaknya kesempatan bersedekah selama bulan Ramadan, untuk menjalan kegiatan ini, Saya dan Steffi tidak membuat target yang muluk-muluk. Hanya 5 anak saja, dengan asumsi 1 relawan berdonasi untuk 1 anak. Kemudian, saya nyoba tawarkan beberapa teman diberbagai kota untuk mengkoordinatori kegiatan ini dikotanya masing-masing. Niatnya ada 8 kota yang akan terlibat; Jakarta, Bandung, Depok, Batam, Majalengka, Karawang, Purwakarta & Yogyakarta.

Qadarallah, setelah penutupan form registrasi, hanya ada 5 kota yang terdaftar relawannya, diantaranya Jakarta, Depok, Karawang, Majalengka & Batam. Untuk Bandung, Purwakarta & Yogyakarta akhirnya merapat ke kota-kota lainnya.

H-7 dari hari pelaksanaan, jumlah donasi yang kami terima hanya mampu membawa 4 adik di Batam, 5 Adik dari Jakarta, 5 Adik dari Karawang dan 5 Adik dari Majalengka.

Ndak Ngoyo.

Yang penting target tercukupi.

Mba Tyas selaku koordinator dari Karawang melakukan self funding donation sendiri bersama timnya. Sehingga setiap harinya menjelang hari H, selalu mendapatkan donasi yang berimbas pada bertambahnya jumlah adik yang bisa diajak untuk berbelanja kebutuhan Hari Rayanya.

H-3 dari hari pelaksanaan, seakan perpanjangan tangan Allah tumpah ruah dihadapan kami. Mba Tyas bisa membiayai 26 Adik-adik. 26 Adik! Allahu Akbar! Sementara donasi yang saya terima juga bisa menambah jumlah adik. Donasi tersebut saya distribusikan juga ke Batam dan Majalengka serta bisa menambah anak untuk dikota Depok.

H-1 dari hari pelaksanaan, Mba Tyas update donasi dan menambahkan jumlah Adik menjadi 29 orang dengan 8 orang relawan. Batam yang dikoordinatori oleh Kak Steffi bisa membelanjakan 10 Adik dengan hanya 2 relawan. Majalengka yang dikoordinatori oleh Kak Eva bisa membelanjakan 8 Adik dengan 4 relawan. Depok yang dikoordinatori oleh Kak Achmad bisa membelanjakan 5 Adik dengan 3 relawan. Jakarta sendiri yang dikoordinatori oleh Kak Dini bisa membelanjakan 5 Adik dengan 5 relawan.

H-Day (2 Juni 2018). Dilaksanakan serentak di 4 kota terlebih dahulu. Jakarta – Batam – Majalengka dan Karawang. Melibatkan 50 Adik dengan 29 Relawan. Alhamdulillah. πŸ™‚

H+1 hari Pelaksanaan, di adakan lagi di Depok dengan 5 Adik beserta 3 Relawan.

H+7 hari Pelaksanaan, Jakarta kembali menambah 2 Adik dengan 2 Relawan.

In Total yang terlibat adalah 57 Adik dengan 33 Relawan. Allahu Akbar. Alhamdulillah. πŸ™‚

Buat saya ini beyond Expectation. Banyak banget! Ditambah, Adik-adik ini tidak hanya menerima kebutuhan lebaran yang bisa mereka pilih sendiri dengan plafond belanja sesuai yang telah disepakati (Rp. 200,000/orang) namun kami juga bisa menyediakan hampers untuk dibawa pulang senilai kurang lebih Rp. 50,000/orang.

Karena jumlah adik yang sedikit ini (kecuali Karawang) banyak cerita personal yang kami dapati. Adik-adik ini tidak kami ajak dari Panti Asuhan, melainkan Adik-adik yang berada disekitar lingkungan kami. Ntahlah anak dari Ayah ibu yang bekerja sebagai buruh, Adiknya sendiri yang menjajakan tissue dan masker, Guru ngaji di TPA.

Ada adik yang meminta kaos kaki karena kaos kakinya bolong-bolong, ada Adik yang meminta dress seperti cinderella karena kesehariannya hanyalah sebagai penjaja Tissue, ada adik yang gemeteran naik eskalator karena itu pertama kalinya mereka masuk kedalam Mall. Dan banyak orang tua adik yang bersikeras untuk turut serta menemani karena kami disangka sindikat penculikan anak dibulan Ramadan. Haha.

Gapapalah ya. Namanya juga waspada.

Sambil saling liat-liatan antar relawan, kemudian komen, “Kita keliatan kaya penculik banget, nih?”

HAHA.

Kegiatan dibulan Ramadan ini, rasanya ga akan seberhasil ini tanpa adanya dukungan sana sini. Dukungan keluarga, keluarga relawan, Adik-adik dan para Donatur.

Teruntuk para Relawan, mewakili teman-teman koordinator disetiap kota, saya sadar diri bahwa kegiatan ini masih banyak sekali yang bisa kami perbaiki, kami mohon maaf untuk setiap keterbatasan kami menghandle kegiatan ini dan tentu saja dengan senang hati kami terbuka untuk kritik saran demi baiknya kegiatan One Day Fun Doing Fun dikemudian hari.

Dan teruntuk para donatur, teman-teman, sahabat, dan rekan kerja. Mewakili semua relawan yang bertugas & Adik-adik penerima manfaat di One Day Fun Doing Fun Ramadan Edition tahun ini, kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga rezeki yang disisihkan menjadi berkah dan pembuka rezeki lain.

Last but not least, doa saya masih sama. Semoga ini bukan yang terakhir kalinya. Semoga masih ada waktu untuk kembali berkumpul dan reuni kembali seru-seru bersama adik-adik lagi, dengan konsep yang baru lagi.

Sampai ketemu di Batch berikutnya!

PS. Foto-foto lengkapnya ada di sini.

Advertisements

2 thoughts on “[Charity Lovers] #TemaniAdikBelanja kebutuhan Lebaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s