Full Time Blogger, Ndak ya?

Ini tema hari ke-22, yang baru kutulis di hari ke-23. Buakakak. Tentang Mau jadi Full Time Blogger atau Part Time Blogger? 

Hayo!

Setelah kupikir-pikir selama 2 hari ini. Hakhak. Beneran di pikirin. Sepertinya tetep menjadi Part Time Blogger! :))))

Sebentar, maksudnya full time Blogger disini itu mungkin mengandalkan seluruh penghasilan dari Blog kali ya? Jadi Blog itu sebagai media pendapatan, gitu bukan sik? Kalau benar begitu ya, saat ini sih karena masih bekerja, ndak kepikiran resign dan pindah haluan untuk menjadi Blogger.

Terus kemudian pikir-pikir lagi kalau nanti udah menikah dan ingin menjadi ibu rumah tangga, mungkin ndak akan jadi full time blogger juga sik.

Gimana ya, hemm. Niat awal nge-blog-ku itu hanya untuk pelampiasan emosi yang dituangkan melalui tulisan. Hobi. Kalau dalam prosesnya, bisa merembet sebagai salah satu pintu penghasilan, ya itu rezeki aja. Semacam Hobi yang dibayar.

Kenapa ndak jadi Hobi yang diseriusin?

Susaaaaaah. Katakanlah begini, dulu ku jalan-jalan, karena emang ingin jalan-jalan, terus ngambil gambar, terus ditulis sebagai memori dan kenangan, syukur-syukur bisa menjadi manfaat juga untuk beberapa orang. Udah gitu aja.

Kemudian, anggaplah ada sponsor yang mau membiayai jalan-jalan untuk review-nya ditulis di Blog. Rasanya jadi susah dan penuh tekanan. Haha. Jalan-jalannya jadi jauh dari kata nikmat. Kebanyakan yang dipikirin, nulisnya harus gimana ya, tema apa ya yang harus ditonjolkan, foto nya butuh apa aja ya, jadi hilang rasa kemerdekaan dalam menulis karena terpaku dengan hal-hal yang rasanya harus benar dan sesuai yang diinginkan sponsor.

Sementara, ini kan blog kan, rumah sendiri kan? Yang menurutku, ketika menulis ya semauku aja. Menulis dengan tenang, menulis tanpa beban, kalau bermanfaat syukur, kalau ndak ya, seenggaknya ini jadi memori ku sendiri.

Pun kelak ku sudah tidak bekerja lagi, menjadi blogger akan tetap part time, full time-nya ya mengurus rumah, mengurus anak.

Dan semoga ya, kelak Blogger bukan lagi media yang dijadikan salah satu alat promosi suatu brand, ku tetap akan menulis. Karena balik lagi ke niat awal, untuk hobi kemudian berbagi.

Adakah yang beralih ke full time blogger? Coba bagi-bagi dong pengalaman, tips dan tricknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s