LEBARAN TAHUN INI; SAAT YANG TEPAT UNTUK BERHEMAT.

Memasuki 10 hari puasa terakhir di bulan Ramadhan. Sungguh ga kerasa waktu berasa lari. Kek baru kemarin PSBB, minggu depan udah mau lebaran aja. Huhu. Tiba-tiba keingetan kebiasaan lebaran dari tahun ke tahun;

Gagap jajan, dari kue lebaran, aneka cokelat, cemilan-cemilan. Memasuki bulan Ramadan, mulai deh berdatangan katalog katalog rang jualan kue. Mulai deh seruangan scrolling berjamaah buat makanan jamuan selama lebaran dirumah. Kalo pas jadwalnya Kakang (keponakan saya) lebaran di Depok, saya mulai deh, nyari cemilan favoritnya.

THR

Nuker uang baru. Meski ga tau mau ngasih siapa, karena ga ada sodara yang kicik kicik, nuker uang baru buat lebaranan suka bikin hati tenang aja. Kalo ada bocah bocah ketuk pintu, ada yang ditempelin ke tangannya 😀Beli baju lebaran, kalo pas lagi waktunya kumpul kumplit dan ada rezekinya. Mulai deh liat sana sini,  jalan sana sini. Atas nama foto catchy pas hari H cari baju kompakan.

Cari mukenah. Atas alasan biar tambah semangatnya untuk tarawih. Ehtapi, mukenaku banyakan dikasihnya daripada beli sendiri. Muehehe.

Nyari tiket. Wah ini mah, dari nyari promo murah tiket pesawat waktu kudu lebaran di Batam. Berburu tiket kereta api kalo pas lebaran di Jawa. Sampai alhamdulillah kesenangan kalo pas lebaran di Depok. Muehehe.

Dan, tahun ini, untuk pertama kalinya. Lebaran hanya dirumah aja. Disarankan physically distancing. Tidak bertamu. Tidak berkumpul. Maka, hal-hal diatas dapat dihaspuskan!

Sampai hari ini, ku belum memutuskan untuk beli kue atau engga. Mungkin akan beli 1 atau 2 untuk syarat sahnya biar kerasa lebarannya. Yang jelas, engga ada nuker uang baru, engga ada baju baru, mukenah baru, beli beli tiket. Maka, mari gunakan uang THR untuk bayar hutang, nabung, sedekah dan kirim kirim sesuatu ke orang orang terdekat :’)

Karena situasi lagi begini, jadi sering banget mikir kalo mau beli barang-barang kaya baju, hijab, sepatu, tas atau apapun itu yang sifatnya untuk digunakan sehari hari keluar rumah. Berasa kek selalu terlintas pertanyaan, “Mau dipake kapan? Emang udah boleh keluar?” Maka, yang paling memungkinkan jajannya, adalah jajan masker :))))) Mesti kepake walau hanya untuk belanja groceries.

Beli makanan pun, ga akan kepikiran untuk menjamu tamu. Jadi porsinya dicukupkan untuk porsi pribadi sahaja.

Jadi, moment lebaran tahun ini, momennya bayar bayar hutang, tabung tabung dan banyak banyak sedekah. InsyaAllah akan selalu ada hal baik, disituasi yang kurang baik.

 

1 thought on “LEBARAN TAHUN INI; SAAT YANG TEPAT UNTUK BERHEMAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s