Napak Tilas (Wisata) Jawa Tengah.

“Nia, kamu asli mana?” Pertanyaan yang sering sekali saya terima.

“Hmm.. Saya lahir di Jawa Tengah, Ayah kelahiran Jawa Timur, Ibu kelahiran Jawa Barat. Yes, saya jawa tulen.”

“Jawa nya neng di?”

“Purwokerto. Hehe, tapi saya hanya numpang lahir. Masa kecil saya dihabiskan di Lhokseumawe, Aceh Utara. Masa Remaja di Batam, Kepulauan Riau. Kuliah di Bandung. Lantas kerja di Jakarta. Saya sukses ga bisa bahasa Jawa.”

Setelah lulus kuliah, saya bertekad untuk kerja di Jakarta, untuk mengejar pendapatan yang cukup dan kemudian Jalan jalan. Semesta mendukung. Saya menjelajah.

karjaw

Perjalanan pertama saya ke Jawa Tengah dari Jakarta adalah ke Jepara. Tujuan akhirnya Karimun Jawa. Saya menggunakan moda transportasi Bus. Perjalanan ditempuh selama 14 Jam. Tidak akan bosan, karena selama perjalanan disuguhi pemandangan ciamik.

Karimun Jawa ditetapkan sebagai Taman Nasional dimana kita bisa menikmati keindahan bawah laut. Menikmati terumbu karang yang berwarna warni. Menikmati tenggelamnya matahari dari atas kapal. Duduk bersenda gurau di Alun alun Karimun Jawa, menghilangkan segala kepenatan atas rutinitas yang ada. Bertemu teman baru, menghabiskan waktu dengan nyebur ke laut. Menyenangkan! ๐Ÿ™‚

Untuk kamu yang ingin juga menikmati pesona karimun Jawa, PT Pelni membuka paket wisata bahari ke Karimun Jawa lebaran nanti. Check this out!

dieng

Selamat datang dari Gardu Pandang, Dieng.

Selamat datang dari Gardu Pandang, Dieng.

Pernah dengar tentang Negeri Di Atas Awan? Kamu bisa menemukannya di Jawa Tengah. Tepatnya di Wonosobo. Kali ini saya berkesempatan untuk menggunakan mobil elf bermuata 15 orang dari Jakarta. Untuk saya yang sehari harinya merasakan hiruk pikuk ibukota dengan polusinya yang ga ketulungan, berlibur ke Dieng adalah Surga. Udaranya yang sejuk, jalanannya yang tidak ramai, pemandangannya yang aduhai, rasanya ingin lebih lama disini.

Tempat yang bisa dikunjungi juga banyak sekali, dari Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati matahari terbit dari peraduannya dari Puncak Sikunir. Paket lengkap!

Sejarah tentang Dieng, pernah saya ceritakan disini.

solo

Dikesempatan lainnya, saya diberi rezeki untuk menikmati Perjalanan ke Jawa Tengah dengan Kereta Api. Saya memilih Solo sebagai tujuan saya selanjutnya. Solo yang pada saat itu terkenal atas kepimpinan Jokowi.

Neng Stasiun Balapan :)

Neng Stasiun Balapan ๐Ÿ™‚

Tagline The Spirit Of Java konon pemberian Jokowi yang bermakna bahwa solo adalah kota yang menjadi jiwanya budaya jawa. Solo salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak warisan budaya dunia yang diakui UNESCO.

Sempatkanlah untuk mengunjungi Pasar Antik Triwindhu. Banyak barang antik disana yang lucu lucu dan beli-able banget.

Kebetulan, tanpa saya ketahui sebelumnya, saya datang bertepatan dengan perayaan Solo Batik Carnaval, sebuah acara tahunan kota Solo dimanaย menampilkan karnaval ala Rio De Janeiro Carnival di Brasil. Kostum dominan batik nan glamor nan atraktif ditampilkan pesertanya. Busananya wah.ย Salut sama designernya. Salut sama ketabahan pemakainya. Salut sama masyrakatnya yang tumpah ruah bersatu padu di Jalan utama kota Solo ๐Ÿ™‚

Lelah dan ingin menghilangkan dahaga sejenak, kamu harus nyoba ini;

Wedang Ronde

Wedang Ronde

semarang

Dalam rangka merayakan hari lahir saya melakukan birthdayTrip ke Ibukota Jawa Tengah; Semarang. Kali ini, saya mengapresiasikan diri dengan menaiki armada udara. Pesawat.

Siapa yang tak kenal dengan Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional Indonesia. Presiden memberi nama maskapai ini dengan mengutip satu baris dari sebuah sajak Belanda Gubahan Pujangga terkenal bernama Raden Mas Noto Soeroto, Ik ben Garuda,ย Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden (Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi diatas kepulauanmu).

Sampai dengan hari ini, maskapai ini adalah maskapai yang digemari oleh Penumpang seantero Negeri. Terkenal dengan pelayanannya yang luar biasa, Pilot yang berpengalaman, serta harga yang terjangkau. ๐Ÿ™‚

Halo, semarang!

Yang menarik minat saya untuk mendatangi Ibukota Jawa Tengah ini tak lain dan tak bukan adalah karena penasaran dengan 2 tempat. Mesjid Agung Semarang & Lawang Sewu.

Mesjid Agung Jawa Tengah

Mesjid Agung Jawa Tengah

Mesjid yang dibangun dalam arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Terkesan megah dan mewah. Menuju mesjid kita dihadapkan pada pilar pilar yang bisa terbuka seperti di Mekkah ๐Ÿ™‚

Setelah menyempatkan diri beribadah di Mesjid ini, saya bergegas ke tempat selanjutnya; Lawang Sewu.

Disebut Lawang Sewu karena didalamnya terdapat deretan Pintu yang tampak seperti banyak, seperti seribu buah. Yang saya tahu, tempat ini adalah tempat yang pernah dijadikan kegiatan uji nyali. Yang saya tidak tahu, ternyata tempat ini adalah tempat syuting hampir 70% adegan di film ayat ayat cinta. ๐Ÿ˜€

Dulunya, Lawang sewu adalah perkantoran milik Netherlands. Selanjutnya digunakan PT Kereta Api Indonesia sebagai pusat kegiatan perkantoran. Dan hari ini dijadikan sebagai tempat wisata.

Sempetin deh untuk ke ruang bawah tanahnya. Lihatlah bagaimana dulu Penjara ini beroperasi. Penjara duduk, penjara berdiri. Suka merinding melihat pengorbanan rakyat Indonesia Jaman dahulu kala. Bikin kita bersyukur hidup dijaman Indonesia sudah merdeka seperti hari ini. ๐Ÿ™‚

Laper? Jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner kota Semarang. Selain Bandeng Presto, Lumpia, Tahu Bakso yang bisa kita jadikan oleh oleh dari kota ini, kudu nyicipin tahu Gimbal. Enaknya jawara. :’)

Tahu Gimbal khas Semarang

Tahu Gimbal khas Semarang

borobudur

IMG_1443

Masih banyak orang yang beranggapan Candi Borobudur terletak di Yogyakarta. Saya bantu luruskan,ya. Candi Borobudur berada di Magelang, masih di Jawa Tengah.

Pada masanya, Candi ini menjadi salah satu dari 7 keajaiban yang ada di Dunia. Selalu tercantum pada buku Pelajaran Sekolah, tentang sejarahnya, tentang struktur bangunannya, tentang konsep rancangannya, tentang bagaimana orang dahulu membangunnya.

Tercantum pula di Media Masa, ketika terjadi gempa dan letusan gunung merapi dimana Candi ini tetap berdiri kokoh.

Saat ini, Candi ini digunakan sebagai tempatย ziarah keagamaan, setiap tahunnya umat Budha datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara untuk memperingati Waisak. ๐Ÿ™‚

Kata banyak orang, memperingati Waisak disini seru banget. Melihat umat Budha beribadah, pelepasan lampion. Membuat saya bermimpi suatu saat ingin menjadi bagian dari acara sakral itu. Nah, untuk tempat nginepnya, daripada harus ke Yogyakarta, mungkin saya akan mencoba beristirahat di Atria Hotel & Conference.

Bagi saya, Jawa Tengah itu Istimewa. Saya bangga menjadi anak yang terlahir di tanah Jawa bagian Tengah. Mengunjunginya bukan perkara satu dua kali, tapi berkali kali. Karena Visit Jawa Tengah, jangan setengah setengah ๐Ÿ™‚

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Visit Jawa Tengah; Cinta (Wisata) Jawa Tengah yang diadakan oleh www.central-java-tourism.com, @VisitJawaTengah, @BlogJateng2015, Garuda Indonesia & Atria Hotel & Conference.

Banner Lomba Utama

Advertisements

One thought on “Napak Tilas (Wisata) Jawa Tengah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s