Merdeka Bercita-cita; Kaya Selamanya.

Jakarta mengabulkan cita-cita saya; Untuk jalan-jalan keliling Indonesia. Untuk menikmati setiap perjalanan dengan apapun caranya. Entahlah tiket promo, entahlah berlari-lari mengejar Bus, entahlah mengikuti opentrip dengan kesempatan bertemu orang baru. Setahun pertama, semuanya tampak menyenangkan dan asik-asik saja. Sampai suatu hari, saya merasa diri saya ‘kosong’. Senang namun seperti ada yang hilang.

Materi melenakan saya. Rasanya ketika kuliah di Bandung dulu, secara materi saya cukup meski tak berlebihan, namun hati rasanya penuh dan diliputi bahagia. Ditilik-tilik, hal ini karena saya sering berusaha untuk berbagi. Saya dan teman-teman mengumpulkan donatur untuk didonasikan ke Panti Asuhan. Kemudian mengadakan Sahur on the road. Bahagia yang saya rasain ternyata berasal dari apa yang sudah saya lakukan dan berikan.

Lantas, jika sedang tidak punya waktu untuk kesana kemari, saya akan berbagi dengan modal paling minimal. Donor darah. Memberikan apa yang melimpah didalam tubuh dan bisa bermanfaat buat orang lain.

Donor Darah Nia.jpg

Kembali ke masa-masa merasa ‘kosong’ di Jakarta. Saya merasa butuh berbuat sesuatu. Saya merasa perlu untuk memberi. Dengan harapan, apa yang saya beri bisa mengisi kekosongan hati saya. Maka, saya buatlah suatu kegiatan bermain bersama anak yatim yang saya namakan dengan One Day Fun Doing Fun.

Baca: [Charity Lovers] One Day Fun Doing Fun.

IMG_6956

Cheers.

Setelah acara itu, saya merasa benar bahwa itulah yang saya cari. Canda tawa dan bahagia dalam silaturahmi dan berbagi. Ternyata bukan hanya jalan-jalan yang membuat saya senang dan bahagia, namun jauh daripada itu, saya bahagia melihat orang lain bahagia dan tertawa. Ya, karena bahagia itu menular. πŸ™‚

Saya berjanji untuk tidak berhenti hanya disitu, saya kembali mengadakan kegiatan serupa diberbagai kota, semuanya untuk menyeimbangi antara kegiatan jalan-jalan dan berbagi dalam satu waktu. Untuk melengkapi rasa bahagia saya.

Donor darah, One Day Fun Doing Fun, kemudian saya bergabung dalam kegiatan sosial lain seperti Kelas Inspirasi. Sebuah gerakan gotong royong untuk menginspirasi (malah seringnya terinspirasi) dalam lingkup Sekolah Dasar.

img_2019-copy.jpg

Mengajar di Kelas Inspirasi

Setinggi apapun cita-citamu, tetaplah menjadi bermanfaat.

Setidaknya itu yang saya pegang sampai sekarang. Dengan menyelipkan apa yang saya bisa lakukan dan itu bermanfaat bagi orang lain, menjadi energi sendiri yang ada pada hati.

Kemudian, penghasilan pun bertambah, Jika dulu saya hanya bisa menjadi perantara antara donatur dan penerima manfaat, kali ini sedikit-sedikit saya bisa ikut andil dengan membayar Zakat, Infak dan Sedekah. Rasanya, seperti hidup saya selalu diberi keberkahan.

Mengambil alih peran untuk menjadi tulang punggung Keluarga.

Ayah saya sudah pensiun kurang lebih 6 tahun yang lalu. Semenjak itu saya hidup mandiri dengan mencari rezeki di Ibukota. Tahun ini, saya merasa sudah waktunya mengajak keluarga untuk pindah dan tinggal bersama saya di Ibukota. Tidak mudah, karena ternyata kebutuhan rumah tangga tidak sesederhana yang ada di pikiran saya.

Baca: Untuk perempuan yang menciptakan ‘rumah’ sebagai tujuan ‘pulang’ bagi keluarganya.

Sayapun mulai corat-coret alokasi anggaran setiap bulannya. Yang saya tahu, pembagian secara general seperti biaya hidup, cicilan dan investasi. Sementara, dari bagian investasi sendiri masih banyak turunannya, seperti ini terlampir dibawah ini. Pembagian presentasenya tidak baku, dalam artian bisa dibagi sesuai kebutuhan. Dan ya, Dana Sosial termasuk kedalam list Perencanaan Investasi.

FunFact-Perencanaan Investasi

Mengenal Asuransi Syariah, Sun Life Financial

Saat ini, kedua adik saya masih menyelesaikan studinya. Sebagai satu-satunya penopang kehidupan keluarga, saya merasa perlu untuk bergabung ikut Asuransi sebagai proteksi diri Jangka Panjang. Karena, umur hanya Tuhan yang tahu dan Mati tidak harus menunggu tua.

Sun Life Financial adalah perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi untuk pengelolaan kekayaan dan aset. Sudah berdiri selama 150 tahun diawal di Negara Canada, saat ini tentu saja Sunlife berkembang saat pesat.

Pada Desember 2010, Sun Life meluncurkan bisnis syariah yang mengembangkan konsep syariah dan membantu nasabah dengan produk asuransi Syariah.

Dengan mengikuti Asuransi Jiwa Syariah dari Sun Life Financial ini, saya berharap bisa memberikan ‘peninggalan’ jika sewaktu-waktu maut menjemput.

Bermanfaat selamanya? Emang Bisa?

Belakangan ini saya suka kepikiran sesuatu, tentang Maut. Hal ini dikarenakan, beberapa kali saya menerima kabar duka cita dari lingkungan orang terdekat. Dilalahnya, orang-orang yang dipanggil terlebih dahulu ini adalah orang-orang yang berada diusia produktif dan tidak berbeda jauh umurnya dengan saya. 😦

Jika selama ini saya sudah rutin untuk berzakat, infak dan Sedekah atau berbagi ilmu pada Kelas Inspirasi dan kegiatan sosial lainnya yang saya tekuni, hal ini hanya berlaku real time pada saat kejadian. Bahagia saya pada saat itu, itulah hasil dari yang saya beri.

Namun timbul pertanyaan, lantas apakah amal tersebut akan terus ada dan membekas jika saya sudah tiada?

Wakaf.

Penahanan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya.

Seperti yang kita tahu, bahwa wakaf adalah Sedekah Jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun kita sudah tidak hidup didunia. Selama ini yang saya tahu adalah wakaf tanah, yang seringkali terbaca ketika dalam perjalanan. Wakaf tanah. Wakaf Mesjid. Padahal wakaf tidak hanya 2 item itu saja.

Serba-serbi tentang Wakaf

Sun Life Financial Indonesia Luncurkan Manfaat Wakaf untuk Produk Asuransi Syariah

Fatwa Wakaf.jpg

Kalau biasanya Produk Asuransi Syariah menghasilkan dana yang bisa dicairkan dan diberikan kepada Ahli Waris jika kita sudah tiada. PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan manfaat wakaf untuk Produk Jiwa Syariah. Diharapkan bisa memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah yakni berwakaf.

Singkatnya, dalam 100% yang diwariskan pada ahli waris, Sun Life menyediakan kesempatan untuk mewakafkan maksimal 45% dari total harta yang diwariskan.

Jadi kalau dalam hemat pikiran saya adalah, meninggalkan harta warisan, ga hanya untuk ahli waris atau keluarga yang masih hidup. Tapi juga bisa diwakafkan sebagai ladang pahala selamanya.

Sun Life Financial memfasilitasi untuk kebutuhan ini. Alhamdulillah.

Merdeka Cita-cita; Kaya Selamanya

Melalui pemaparan tentang Manfaat Wakaf Pada Asuransi Syariah yang saya datangi Sabtu, 9 September 2017 kemarin di The Hook dan saya jelaskan intinya diatas, bersama Ibu Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia dan H.M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia, menghasilkan pemikiran dan cita-cita baru buat saya.

Terlebih hal-hal mendetail tentang Wakaf;

Wakaf melalui Asuransi Syariah Sun Life

Manfaat asuransi (santunan asuransi meninggal dunia) : Maksimal 45%

Manfaat Investasi Maksimal 30%

  • Ketika peserta hidup, dapat mewakafkan dana investasi
  • Ketika peserta meninggal dunia, dapat mewakafkan manfaat asuransi/investasi

Bagaimana Berwakaf melalui Asuransi Syariah Sun LifeΒ 

  1. Pengisian SPAJ SyariahΒ  : mencantumkan nama penerima manfaat (ahli waris) dan lembaga Wakaf yang ditunjuk.
  2. Surat perjanjian (IKRAR WAKAF) yang ditandatangani peserta,penerima manfaat , ahli waris utama.

Manfaat Berwakaf Melalui Asuransi Syariah Sun Life

  1. Peserta meninggalkan amal jariah saat hidup dan setelah meninggal
  2. Peserta meninggalkan warisan untuk ahli waris
  3. Dikelola dengan profesional dengan hukum yang berlaku dan mitra wakaf terdaftar di pemerintah.
  4. Semua polis Asuransi syariah Sun Life dapat diwakafkan yaitu manfaat asuransiΒ  dan atau manfaat investasi.
  5. Peserta dapat memilih lembaga wakafnya sendiri
  6. Dana wakaf langsung ditransfer Sun Life ke pihak penerima wakaf.

Untuk menjadi kaya Selamanya? Yes, melalui berwakaf #Lebihbaik.

 

 

Advertisements

One thought on “Merdeka Bercita-cita; Kaya Selamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s