Learning by doing di BP Network

Tulisan di Hari ke-4; Kenapa bergabung di Blogger Perempuan Network? 

Dari belasan tahun menulis blog, yang saya tahu ya hanya menulis. Apa itu SEO, apa itu monetize Blog saya ga tahu, ga ngerti dan ga merasa penting. Ketika baca beberapa blog selebtwit pada tahun 2012-an, saya mulai mengenal yang namanya content placement dan endorsment dari Blog. Namun ketika itu saya berpikir, ya wajarlah ya selebtwit. Sempet gemes juga, atau baca cepat kalau doi/doski mulai nyebut-nyebut merk/brand.

Terus, karma does exist.

Sekarang blog ini pun demikian. :))))))

Orang pertama yang ngasih tau ke saya kalau Blog bisa menjadi media sebagai tambahan pendapatan adalah kakak saya. Dia yang menyuruh saya untuk bergabung di komunitas. Salah satunya adalah Blogger Perempuan.

Dari komunitas ini, saya ikutin deh workshop yang berbau blogging. Waktu itu pengisinya Mba Shintaries, Mba Nunik Utami, Mba Putri KPM. Acaranya sehari aja, namun membuka wawasan saya banyak sekali tentang Blogging. Yang saya inget, hal pertama yang saya lakukan pulang dari Workshop itu adalah daftar domain. Haha.

Dari hari itu saya belajar juga tentang pembuatan konten, tentang branding, tentang content placement dan endorsment di blog. Workshop itu adalah salah satu titik dimana saya akhirnya berpikir untuk ‘nyeriusin’ blog ini.

Tidak lama setelah mengikuti Workshop itu, kembali kakak saya memberi tahu tentang BP Network dan mengajak saya untuk turut serta.

Blogger Perempuan Network bisa dibilang menjadi inkubasi para blogger yang ingin menjadi profesional. Profesional dalam hal ini adalah yang menjalankan profesi blogger dengan penuh tanggung jawab dan memiliki metrik yang bagus, baik itu dalam blog dan juga media sosial. – Shintaries.

Singkatnya, BP Network memfasilitasi antara Brand dan Blogger. Nah, untuk bisa menjadi anggotanya ada beberapa hal yang harus blogger lakukan. Ditengah kesulitan mendaftar untuk menjadi Anggota BP Network, eh dilalahnya saya rezeki ketemu Mba Shintaries disalah satu event.

Langsung deh, tanpa ba bi bu, saya langsung tanya beliau dan dipermudah sekali untuk proses registrasinya.

Alasan utama untuk menjadi anggota BP Network adalah ingin learning by doing. Dimana setiap ada kerjasama, pasti ada brief-nya, ada ketentuannya, tentang apa yang harus dilakukan dan yang ndak harus dilakukan. Yang tadinya, menulis dituntut karena bagian dari pekerjaan, jadi kebawa juga untuk tulisan non kerjasama. Kalau baca blog saya dari jaman dulu pasti kebanting abis deh dengan yang sekarang-sekarang. Meski ya, masih jauh juga dari kata sempurna.

Jadi deh, blog ini sedang kena karma-nya. Ngiklan mulu. Hahaha. Kalau diambil positifnya, iklan-iklan ini cukup membantu saya untuk tetap mengisi blog kalau sedang males-malesnya nulis. Dengan iming-iming, ‘ayo nulis, nabung, biar bisa jalan jalan lagi’ saya selalu punya semangat tambahan. Haha.

Dari segi pertemanan juga, banyak sekali teman-teman blogger dari berbagai tema blog yang saya kenal. Kami kenal di dunia maya dan seringkali tidak sengaja ketemu didunia nyata. Rasanya seru aja ya, menambah lingkup pertemanan.

Antri Masuk Pabrik

Say hi untuk blogger! 🙂

Andai saja saya memilih untuk introvert dan ndak masuk ke komunitas. Ndak kenal Blogger Perempuan dan BP Network, mungkin blog ini masih berdomain gratisan dan bahasa tulisan yang macam nulis diary.

Terimakasih untuk berperan dan memfasilitasi kami para blogger blogger newbie ini ya BP Network, senang sekali learning by doing bersama 🙂

Advertisements

One thought on “Learning by doing di BP Network

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s