Gerakan Titip Qurban; dari Kota ke Pelosok Desa.

Setelah 30 Blogger Challenge Ramadan kelar, langsung blas hilang tanpa tersisa semangat nulis sehari sekalinya. Hahaha.

Apa kabar teman-teman? Menginjak bulan ketiga kita masih #dirumahaja. Udah ada yang berani keluar rumah belum?

Saya kira, saya masih bisa bertahan lebih lama dengan kondisi masih harus #dirumahaja, ternyata hati kecil mah gabisa dipungkiri ya. Kangen juga beraktivitas, kangen ketemu sama temen-temen, kangen bikin kegiatan sosial lagi.

Beberapa hari lagi udah masuk bulan Juli, dimana itu berarti Idul Adha sebentar lagi, Hari Raya Qurban kita. Tahun lalu, sahabat sahabat saya dari Dompet Dhuafa Volunteer, bikin gebrakan baru untuk menyembelih hewan Qurban di pelosok desa bertajuk Qurban Cinta di Cintamanik.

Desa yang ternyata pernah saya hampiri dalam kegiatan Voluntrip. Desa dimana mandi, cuci baju dan cuci piring masih dari sungai. Desa dimana anak anak masih mainan di lapangan, nyore main air di sungai, dan jalan kaki (lumayan jauh) ke sekolahan. Desa yang masih dalam area Jawa Barat, namun serasa jauh dari peradaban jaman teknologi selayaknya di Ibu kota.

Baca: Voluntrip Round 2; Explore The Happiness.

Antusiasme warganya luar biasa, bapak ibu dan anak anak senang sekali, bisa menyaksikan langsung pemotongan hewan qurban di desa mereka. Semua turun tangan saling bantu dan ngambil peran.

Euforia ini yang terkenang dan ingin diulang lagi sama temen-temen yang kali ini bergerak dibawah naungan doinggood.movement. Tahun ini, insyaAllah akan ada lagi gerakan Titip Qurban; Dari Kota ke Pelosok Desa. Harapannya, donatur yang dikota ambil bagian dari Gerakan Titip Qurban ini untuk di bagikan di pelosok desa. ๐Ÿ™‚

Titip Qurban adalah program dirancang untuk berbagi daging qurban dari kota hingga ke pelosok desa. Jadi, dengan kata lain hewan yang kamu qurban atau sedekahkan akan kami sebar ke pelosok desa yang terdampak Covid19. Terutama desa yang memang biasanya jarang mendapatkan hewan qurban. Sejauh ini, daerah yang Insya Allah akan disambangi; Bekasi, Jonggol, Cigudeg, Cimapag, Ciampea, Parung Panjang, Rumpin dan Ciaruten.

Jadi, program Titip Qurban ini ada dua tipe;

1. Sedeqah qurban, dengan minimal Rp. 10.000 kalian sudah bisa ikut sedekah daging. Uang yang terkumpul nantinya akan dibelikan hewan qurban yang juga akan disembelih dan dibagikan kepada warga di pelosok desa. Hewan qurban akan disembelih menggunakan nama tokoh masyarakat atau tokoh agama yang dinilai layak menjadi pekurban namun belum mampu membeli hewan qurban sendiri.

2. Titip qurban, dengan Rp. 2.550.000 atau Rp. 2.990.000 untuk ukuran sapi yang lebih besar kamu sudah bisa ikut berkurban 1/7 bagian sapi.

REKENING TITIP QURBAN
Rek a.n Fajar Firmansyah
๐Ÿ”ธBNI 0457994693 ๐Ÿ”ธMandiri 1680000855492
๐Ÿ”ธBRI 151101005362504

Rekening a.n Nur Wahyuni
๐Ÿ”น BCA 3980109495

Informasi & Konfirmasi
0858-9004-3231 a.n Fajar Firmansyah

Seperti yang kita tahu, ditengah situasi pandemi seperti ini banyak hal berubah. Ada yang terkena dampak sehingga mungkin tidak bisa ikut berkurban, ada yang kelimpahan rezeki karena efek dari masyakarat yang #dirumahaja. Yang pasti, setiap orang bisa turut berkontribusi.

Belum mampu untuk utuh 1 ekor kambing? Gapapa, bisa ikut ambil bagian di Sedekah Qurban. Ingin titip Qurban dan disalurkan ke daerah-daerah yang sudah kusebutkan diatas, boleh banget.

Al Hajj 36-37, yaitu:

ููŽูƒูู„ููˆุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุทู’ุนูู…ููˆุง ุงู„ู’ู‚ูŽุงู†ูุนูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุนู’ุชูŽุฑูŽู‘ ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽู†ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู„ูุญููˆู…ูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ุง ุฏูู…ูŽุงุคูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠูŽู†ูŽุงู„ูู‡ู ุงู„ุชูŽู‘ู‚ู’ูˆูŽู‰ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’

โ€œMaka makanlah sebagiannya (daging qurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Daging daging qurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.โ€

Semoga Allah mudahkan dan mampukan kita untuk menunaikan qurban ditahun ini ya, dan menjadikan kita sebagai hamba Allah yang bertakwa. Aamiin allahumma aamiin.

23 thoughts on “Gerakan Titip Qurban; dari Kota ke Pelosok Desa.

  1. nianastiti

    Alhamdulillah sekarang banyak program yang memudahkan ibadah qurban ya. Kadang yang program begini juga harga hewan qurbannya lebih terjangkau karena kerjasama dengan mitra peternak, Senang lihat programnya, memudahkan orang ibadah, menebar kebahagiaan, juga muterin ekonomi

    Reply
  2. nurulsufitriblog

    Titip Qurban ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di pelosok.desa ya mbak. Jadi lebih menyebar begitu daging2 yg dikurbankan ga hanya dinikmati org2 perkotaan aja. Ternyata mulai 10K untuk donasi bisa juga ya. Terasa ringan di kantong tapi sungguh berpahala.

    Reply
  3. Bibi Titi Teliti

    Wah, Alhamdulillah Dompet Dhuafa memang selalu memudahkan kita untuk bisa turut beramal dengan segala program kerennya. Semoga bisa tercapai qurban sampai ke pelosok yang membutuhkan yah.

    Reply
  4. Dedew

    Iya aku pernah nih ikut qurban di pelosok biar merata pembagian dagingnya, bahkan ada yang dikemas kalengan berupa kornet…

    Reply
  5. Milda Ini

    thank for your sharing Mb, good project nih. Began 10k was follow this program. I hope there is spread in various regions. Maybe Bengkulu next stop

    Reply
  6. Ida Raihan

    Dapet kwpuasan tersendiri ha Mbak kalo bisa mengikuti kegaitan volunteer tu.

    Gak nyangka (karena kurang perhatian) udah mau hari raya kurban aja.

    Reply
  7. Nia Nurdiansyah

    Alhamdulillah ada alternatif yg memudahkan untuk berQurban di masa pandemik kayak skrg yaa, dan dgn nominal minimal yg bisa kita upayakan tanpa membebani jadi tetap bisa berbagi di masa2 kayak skrg ya

    Reply
  8. Lidya

    Jadi inget jaman sekolah dulu ada sumbangan kurban, jadi ini masuknya sedekah kurban ya. Sekarang mau kurban lebih mudah ya dan dagingnya bisa didistribusikan lebih luas pada orang yang membutuhkan

    Reply
  9. hidayahsulistyowati

    Titip Qurban ini bagus loh programnya, karena menyalurkan qurban hingga pelosok desa. Sementara di kota tuh udah banyak yang ikut qurban di masjid-masjid, selalu penuh dengan orang yang berqurban kambing atau sapi

    Reply
  10. niaharyanto

    Wah keren nih programnya. Bikin qurban jadi gak berat ya. Bisa ikut sedekah qurban pula dengan uang yang kecil. Semoga kita semua dimudahkan untuk berqurban.

    Reply
  11. Uniek Kaswarganti

    Kalau sedekah qurban, hitungannya belum melakukan qurban sendiri ya sesuai syariat? Bagi yang belum mampu berqurban memang lebih baik melakukan langkah ini ya. Dan bagi yang sudah mampu, luar biasa melegakan ya ketika tahu bahwa daging qurbannya akan disalurkan kepada mereka yang amat sangat membutuhkan.

    Reply
  12. dapurhamsa

    Tak terasa ya sebentar lagi jumpa Idul Adha lagi. Bagus gerakan kyk gini krn kadang di pelosok banyak yang gak bisa sembelih kambing mungkin krn keterbatasan dana dll. Jd dagingnya bisa sampai ke yg bener2 butuh makan daging

    Reply

Leave a Reply to Bibi Titi Teliti Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s