Kaleidoskop 2017

Hoah! Hari terakhir di 2017. Tadi sore, disela-sela menemani keponakan yang sedang bermain di playground, saya mencoba mengingat-ngingat apa saja yang sudah terjadi selama setahun ini. Supaya kelak saya tahu, saya sampai sekarang masih berproses terus-terusan.

Financial Planning 

Menyoal ini buyar! Tabungan ludes sampai ke akar-akarnya. Kebutuhan sehari-hari engap untuk dipenuhi. Yang disyukuri paling engga, ini berjejak. Menghasilkan rumah untuk mama dan jadi tempat kami berkumpul paket komplit. Alhamdulillah. Perjuangan masih panjang. Apalagi untuk menyelesaikan tagihan-tagihan yang masih belum lunas, semoga tahun depan rezekinya ada dan bisa kembali nabung lagi!

Baca: Untuk perempuan yang menciptakan ‘rumah’ sebagai tempat ‘pulang’ bagi keluarganya. 

Giving back to society

Urusan kegiatan yang kembali ke Masyarakat, alhamdulillah banyak project yang bisa diselesaikan. One Day Fun Doing Fun Batch 6 mengawali tahun 2017. ODFDF terbaik dari yang pernah ada. Adik-kakak keponakan kumplit, diadakan ditempat saudara, diikuti oleh teman dan sahabat dekat.

crew

Tidak hanya sekali, dilanjutkan dengan ODFDF Batch 7 di Majalengka, dan pertama kalinya ODFDF Reunite Series yang diadakan di kota Batam.

Ikut ambil bagian lagi dalam Kelas Inspirasi Jakarta 6. Kembali ke kelas, kembali mengajar, bertemu inspirator kece dan terinspirasi sebelum menginspirasi.

Masih terlibat dikegiatannya Dompet Dhuafa Volunteer, tahun ini mengikuti 2 aksi. Jambore Anak Indonesia 2017 dan Voluntrip Special Reunion.

Rezeki dari Menulis Blog

Ditahun ini baru ngeh, kalau menulis di Blog bisa menghasilkan pundi pundi rupiah yang bisa jadi modal menghidupi kebutuhan sehari-hari dan jalan-jalan. Beberapa tulisan yang dipublish di Blog ini pada tahun ini memenangkan beberapa kompetisi blog. Alhamdulillah. Tiket pesawat pulang pergi dari Citilink pada bulan Oktober lalu kirain akan menjadi hadiah paling wow. Eh, ternyata di penghujung tahun ada lagi.  Semoga jadi semangat untuk nulis lebih banyak di tahun depan, Aamiin.

Menerbitkan buku

Meski belum full karya sendiri, tapi melihat tulisan sendiri ada disebuah kumpulan cerita jadi prestasi sendiri di tahun ini. Semoga kedepannya bisa nulis buku sendiri yak. Ada aamiin?

Mengunjungi beberapa tempat baru.

Karena terhimpit keuangan yang pas-pasan, saya kira tidak ada traveling tempat baru ditahun ini. Qadarullah, Allah memberi rezeki. Hore! Jadilah bisa menginjakkan kaki di Bumi Sriwijaya, Kota Angin Mamiri dan kota seribu warung di Jakarta, Tegal.

Grounding

Oh iya, satu lagi. Meski bukan kota baru, tahun ini atas Mission dari BNI, berhasil mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi di Jakarta.

Sharing is Caring

Sharing is Caring. Salah satu 'oleh-oleh' terbesar ketika mengikuti #VoluntripRound3 kemarin adalah satu team bareng @nsnurlita. Disalah satu momen #PillowTalk, ia berkata kira-kira seperti ini;. "Kak, aku takut tidak lagi dibutuhkan. Aku seneng ketika orang mencari aku untuk minta bantuan ini itu. Aku ga mau dikondisi ada atau engga ada aku sama aja.". Kalimat sederhana yang membekas sampai hari ini. Ketika kak @mbiesap meminta saya untuk sharing masalah blog, jujur saya ga punya (dan bisa mencari) alasan untuk menolak. Seperti Lita, saya juga ingin merasa dibutuhkan. Yang pada akhirnya saya mengerti kalau, selama kita dibutuhkan, selama itu pula kita bisa memberikan manfaat. Ah, paling hanya 2 jam. Setelah itu saya masih bisa menyelesaikan urusan lain mumpung wiken. Eh dilalahnya dong, 7 jam. Bukan karena materi saya yang menarik, namun karena setiap orang yang ada mengeluarkan ide, sharing, pengalaman, mimpinya masing-masing. Tentu saja berujung pada saya yang ikutan terinspirasi, semangat kembali dan happy. Thankyou for having me ya! Mari kita mulai dengan konsistensi menulis. Tetaplah menebar manfaat kakak kakak kece, yuk bantuin kak Ombi menyukseskan #VoluntripRound4. #thegratitudesdiaries

A post shared by Isnia Nuruldita (@alaniadita) on

Pertama kalinya di tahun 2017. Ga pernah kepikiran diminta untuk menjadi narasumber, menyiapkan file presentasi, berbicara didalam group untuk sharing. Berbicara tentang Blog atas inisiasi Kak Ombi. Dan Bercerita tentang menekuni bidang Pendidikan atas inisiasi adik-adik dari Universitas Indonesia. Terimakasih atas kesempatan yang diberikan.

Memulai untuk lebih dekat sama Allah

Merasa nyesek akan beberapa masalah, belakangan di akhir tahun 2017 sedang mencoba menyisipkan waktu untuk tilawah dan sholat-sholat sunnah. Voila! Jauh lebih tenang, lebih slow dan lebih ‘enteng’ memandang hidup. Semoga istiqomah. Aamiin.

Banyakin Olahraga

20170716_100942.jpg

Ini juga! Selain ingin menambah pahala sunah. Belakangan juga ingin perbanyak olahraga. Ini dikarenakan tahun depan, ingin mencoba ikutan marathon lari minimal 5k. Jadilah belakangan di 2017 banyakin jalan kaki. Sengaja masang Samsung health untuk menghitung jumlah langkah kaki setiap hari. Jadi suka naik public transportation daripada aplikasi online. Biar bisa menambah langkah kaki setiap hari.

Termasuk cukup banyak pencapaian sih di tahun 2017 ini. Alhamdulillah. Doanya tetep ga berubah, semoga tahun depan lebih baik dan lebih banyak lagi apa-apa yang bisa dilakukan. 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Kaleidoskop 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s