Category Archives: Culinary

Oleh-oleh dari Batam, Kepulauan Riau

Libur Long Weekend kemarin saya ke Batam. Agenda utamanya adalah menghadiri pernikahan sahabat. Disusul dengan agenda lain seperti melihat rumah yang sedang dikontrakan, menebus rindu pada setiap makanan yang ada di Batam, Silaturahmi melihat anak dari teman-teman yang baru saja melahirkan.

Nah, berhubung kali ini ke Batam sebagai wisatawan (tidak pulang ke Rumah sendiri), teman-teman sepermainan yang di Batam berbaik hati untuk berbagi tugas membelikan saya oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga di Depok. Continue reading

Advertisements

Menikmati Jamuan Samudera

Sebagai orang yang sebagian besar hidupnya tinggal disekitar Laut, ku suka sekali dengan Seafood. Dan semenjak pindah ke Ibukota 5 tahun yang lalu, mulai keranjingan banget sama kepiting, setelah sebelumnya hanya kenal ikan dan cumi doang. Pertama kali ku diajakin Kang Mas untuk menikmati Seafood di salah satu resto Seafood dibilangan Kepala Gading. Duh, itu enaaaaaak banget!

Kemudian, mulai hits lah itu makan seafood yang tanpa piring itu. Jadi keikutan hunting makanan seperti itu kan, ya.

Baca: Icip-icip Kepiting di Cut The Crab

Suatu hari, dari grup Backpacker yang saya ikuti, adalah yang merekomendasikan untuk makan Seafood di PLTU Ancol. Atas dasar penasaran, maka pergilah saya dan beberapa teman se-WAG kesana. Continue reading

[Weekend Story] 2 Hari makan di 3 Kota

Semenjak pulang pergi Depok – Slipi, kayanya saya belum pernah ‘jalan jauh’ lagi selain ke Bandung gitu deh. Setiap turun dari Commuterline, terus disambut dengan, “Selamat datang di Stasiun Depok”, saya suka rindu dengan “Selamat datang” di Stasiun besar lain, gitu.

Nah, weekend kemarin, Kang Mas ngajakin saya untuk ‘jalan jauh’ sedikit! Hore, akhirnya! Beliau ada urusan di Tegal, kemudian akan mampir sebentar di Brebes kemudian kembali ke Jakarta. Nah, karena kelupaan, ga dapet deh itu tiket pulang ke Jakarta via Brebes. Alhasil, ku minta mampir dong pulang via Cirebon, eh di Approve.

Makan siang di Tegal

Sampai di Tegal sekitar pukul 1 siang, browsing dong cari makanan khas sini, sebenernya di perjalanan sempet browsing-browsing tempat wisata. Namun, waktunya mepet sekali, karena mengejar urusan di Brebes. Jadinya, yaudahla ya. Sesuai informasi, makanan khas Tegal adalah Tahu Aci dan Soto Tauco.

Tahu Murni

Berangkatlah kami menuju Tahu Murni. Salah satu brand Tahu Aci yang cukup tersohor di Tegal. Sebijinya dihargai Rp. 1,200,-. Untuk oleh-oleh bisa dibeli dengan besek seharga minimal Rp. 50,000,-. Tahu Aci ini adalah tahu kuning yang tengahnya diberi tepung Aci. Bentuknya kicik-kicik, dan menurutku sih ya, enak dimakan pas hangat buat cemilan. Continue reading

Menikmati Sate Maranggi Sari Asih, Cipanas, Jawa Barat

Semenjak tinggal dan menumpang hidup di Jakarta, saya lumayan sering bolak balik ke Puncak. Nah, dari setiap perjalanan bolak-balik itu pastinya dong ada aja jam jam makan yang bertepatan dengan posisi yang masih di Cisarua-Puncak Pass-Cipanas. Pernah nyobain makan di Cimory, dan seringnya sih jagung bakar di pinggir jalan untuk menikmati hawa dingin, air hangat dan sebuah buku.

Kalau lagi iseng, bahkan pernah ke Puncak hanya untuk numpang sholat sama makan jagung bakar doang terus turun lagi.

Nah kemarin, pas di puncak pas laper dan lagi ga kepengen makan-makan di cafe ala ala Cimory. Secara kan ya, sekarang banyak restoran instagram-able yang bisa dijajaki. Tapi perutnya lagi pengen makan enak kenyang. Bukan hanya sekedar pemandangan dan design yang bagus.

Keingetan Sate Maranggi Sari Asih yang pernah dilewatin pas touring ke Bandung, cus deh kesana. Tidak akan menemukan tempat yang nyaman penuh sofa, karena Sate Maranggi Sari Asih ini terletak di ruko-ruko.

Sate Maranggi

Sebagai penggemar sate, apapunlah kondisinya hajar bleh! Continue reading

Menikmati sajian kuliner khas Sumatera Barat

Apalah arti jalan-jalan tanpa sempat menikmati sajian kuliner khasnya, ya kan? Hal ini hanya tidak bisa saya lakukan jika sedang jalan-jalan pada bulan ramadhan. Diluar itu, saya sempatkan untuk icip icip makanan khas daerahnya.

Indonesia itu indah bukan hanya karena pemandangannya, tapi karena bahasa daerahnya, dan juga aneka makannya. Setuju dong?

Jadi, pas perjalanan ke Sumatera barat kemarin, selain hunting tempat untuk dikunjungi, saya juga nyari informasi makanan apa yang patut dicoba, secara ya, dimana-mana yang namanya restoran padang itu selalu ada ajaaa di seantero nusantara, dan (seringkali) jadi penyelamat rasa kalau lidah ga sreg sama makanan daerah 😀

Baca: 4 Pulau di Padang Painan, Sumatera Barat.

Karena kemaren jalan-jalan ke Padang sekalian dengan ngunjungin nikahan, ada beberapa jam makan yang dilakukan ditempat kondangan. Inilah beberapa tempat makan yang sempat saya datengin ketika di Sumbar. Continue reading

Warung Oppa, Depok.

Ramadhan tahun ini ga berasa, ya? Tau-tau sudah mau menjelang 10 hari terakhir aja lagi. Yang ajaib sepanjang Ramadhan ini adalah; saya jarang banget bukber. Haha. Bisa dihitung pake jari deh. Jadi Meme meme yang beredar tentang padatnya aktifitas bukber, ga berlaku disaya. 😀

Salah satu bukber tahun ini, saya coba menyambangi satu tempat makan yang lagi hits didaerah Depok. Namanya Warung Oppa!

Sebelum Ramadhan, saya bersama temen temen dari #Team26 Kelas Inspirasi Jakarta 5 sudah main main disini. Yang bikin seru karena ada rooftop nya. Dan didesign dengan sangat amat menyenangkan sekali.

DCIM100MEDIA

Rooftop Warung Oppa

Dengan rumput buatan yang halus sekali dan dipadukan dengan bantal-bantal lucu, serta angin sepoi sepoi dan jingle suara tahu bulat yang menggema bikin kita mager maksimal. Untuk nongkrong dengan sangat santai mumpuni sekali. Continue reading

Berburu Makanan di Cirebon

PhotoGrid_1456476525808

Dalam rangka liburan panjang dan menepis kebosanan di ibukota, saya kemarin menyempatkan diri untuk berjalan menjauh sedikit. Kota ini, yang sering dilewati Kereta Api jurusan Semarang, Yogyakarta & Solo. Tidak sejauh ke Purwokerto, tidak pula sedekat ke Bandung, dialah Cirebon.

Ini kali pertama saya menginjakkan kaki di Cirebon, dan tentu saja pengen dong nyobain makanan khasnya. Yuk intip, saya kemarin berhasil nyemil, makan siang dan makan malem apa selama di kota ini; Continue reading